Ilustrasi nasi goreng cakalang.
Ilustrasi nasi goreng cakalang. ( Dok. Shutterstock/Aris Setya)

Berikut Ini 4 Cara Olah Sisa Makanan untuk Kurangi Food Waste

3 Desember 2023 07:47 WIB

SonoraBangka.id - Jangan membuang sisa makanan yang masih bisa dimanfaatkan kembali. Pastikan memaksimalkan bahan dan makanan matang yang tersisa. Sebab, makanan sisa nyatanya masih bisa diolah, baik sebagai pelengkap, camilan, maupun sajian baru. Dilansir dari The Spruce Eats, simak empat cara mengolah sisa makanan berikut ini. 

1. Makan selagi dingin

Masukkan sisa makanan ke kulkas. Pastikan untuk menyimpannya dalam kondisi tertutup di wadah kedap udara. Biarkan sisa makanan disimpan selama beberapa jam atau sampai besok. Kemudian, keluarkan dari kulkas dan sajikan dingin.

Tips menyantap sisa makanan selagi dingin ini cocok diaplikasikan untuk sayur, buah, dan saus. Kamu dapat mencampurnya menjadi satu seperti salad.

2. Campur menjadi satu J

ika sisa makanannya ada banyak, coba padukan dan buat makanan baru yang bisa disantap pada jam makan berikutnya. Misalnya, ada sisa nasi dan telur. Campur keduanya untuk membuat nasi goreng telur. Hal yang sama juga berlaku untuk daging, roti, keju, dan bahan makanan lainnya yang dapat dipadukan menjadi satu sajian.

3. Sajikan sebagai pelengkap

Sisa makanan yang sedikit bisa digunakan sebagai pelengkap menu. Misalnya, ada makanan kaleng atau makanan beku. Kamu dapat mencampurnya ke masakan baru sebagai pelengkap rasa atau menambah tekstur makanan.

4. Ubah menjadi hidangan baru

Menu lengkap bisa diubah menjadi sajian baru, sesuai dengan bahan yang tersedia di dalamnya. Contohnya, ada sisa ayam panggang. Kamu dapat menggunakan sisanya untuk membuat sandwich dengan menambah roti dan sayuran.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Olah Sisa Makanan untuk Kurangi Food Waste, Bikin Sajian Baru", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/27/130300075/4-cara-olah-sisa-makanan-untuk-kurangi-food-waste-bikin-sajian-baru.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm