Ilustrasi nasi putih yang dibekukan.
Ilustrasi nasi putih yang dibekukan. ( DOK.SHUTTERSTOCK/pu_kibun)

5 Tips Masak Nasi ala Jepang, Pulen Maksimal dan Tidak Cepat Basi

3 Desember 2023 07:51 WIB

SonoraBangka.id - Sedang ingin belajar masak nasi ala Jepang yang pulen maksimal? Kamu bisa simak beberapa tips masak nasi ala Jepang yang satu ini.

Walau jenis beras ala Jepang dan Indonesia cukup berbeda, tetapi kamu masih bisa coba memasaknya menjadi pulen dan tidak mudah basi. Dilansir dari Guide Michelin, simak penjelasan seputar cara bikin nasi pulen ala Jepang. 

1. Perhatikan kualitas dan kesegaran beras

Dilansir Guide Michelin, Yuichi Sato selaku Direktur Utama Tawaraya Rice, brand beras bersertifikat di Singapura menyarankan untuk menggunakan jenis beras yang berkualitas baik. Selain itu, perhatikan juga kesegaran beras.

Pastikan beras yang akan digunakan tidak kotor atau berkutu. Cium aroma beras, pastikan baunya masih seperti susu dan biji-bijian. Hindari menyimpan beras dengan bahan berbau tajam agar tidak merusakan aroma alaminya.

2. Gunakan rasio nasi dan air yang pas

Beberapa orang mungkin akan menggunakan perbandingan penggunaan nasi dan air sebanyak satu banding satu. Namun, kamu bisa mencoba menggunakan rasio air yang lebih sedikit dari beras yaitu 1:0,9.

Namun, cara masak nasi ala Jepang dengan menggunakan beras merah bisa dengan menggunakan takaran 1:1,5 untuk beras dan air.

3. Cara cuci beras

Gunakan air dingin atau air suhu ruang ke dalam panci atau mangkuk berisikan beras. Aduk dan buang airnya dengan cepat. Bilas beras dengan cepat kemudian tuang perlahan untuk menghilangkan dedak di sekitarnya. Cuci beras sekitar dua hingga tiga kali, ganti air setiap putaran saat mencuci beras.

4. Rendam beras

Setelah mengetahui takaran air dan beras yang pas, biarkan beras terendam di dalam air selama kurang lebih setengah jam. Gunakan air minum yang lebih bersih agar tekturnya tidak lembek. Selama proses rendam beras, taburkan garam ke dalamnya agar cita rasanya gurih.

5. Cara masak nasi ala Jepang yang pulen

Selanjutnya, tips masak nasi ala Jepang yang pulen ada pada cara mengaduknya secara perlahan dengan spatula beras. Putar dari sisi dan dasar penanak nasi. Tutup kembali dan biarkan nasi dikukus dengan sisa panas selama 10 menit untuk menyebarkan kelembaban secara merata. Dengan begitu, tekstur dari nasi akan lebih ringan dan pulen.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Tips Masak Nasi ala Jepang, Pulen Maksimal dan Tidak Cepat Basi", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/27/121300475/5-tips-masak-nasi-ala-jepang-pulen-maksimal-dan-tidak-cepat-basi?page=all#page2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm