Test drive Kijang Innova Zenix Hybrid(KOMPAS.com/Adityo)
Test drive Kijang Innova Zenix Hybrid(KOMPAS.com/Adityo) ( KOMPAS.COM)

Perhatian, Innova Zenix Hybrid Butuh Untuk Perawatan AC Khusus

3 Desember 2023 17:05 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Berbagai jenis perawatan air conditioner (AC) mobil banyak ditawarkan di pasaran. Salah satunya adalah penggantian oli kompresor karena jika pelumas ini tidak diganti rutin bisa menyebabkan sistem AC gampang rusak.

Proses rusaknya bermula dari kotoran yang menumpuk akibat gaya gesek, lama-lama kualitas oli akan menurun sehingga kompresor mudah aus atau ngempos. Dampak buruk lainnya saluran AC bisa pampat sehingga mengganggu performa.

Maka dari itu, perawatan AC mobil perlu dilakukan sejak dini, termasuk mobil baru seperti Innova Zenix hybrid. Hanya saja konsumen perlu tahu bahwa perawatan AC pada mobil ini sedikit berbeda.

Eko Sulistyo, Technical Leader Nasmoco Demak mengatakan, perawatan AC pada Innova Zenix hybrid sedikit berbeda dengan mobil konvensional, pasalnya ada komponen yang berubah.

“Innova Zenix hybrid kini menggunakan kompresor elektrik, artinya putaran kompresor tidak lagi mengandalkan tenaga mesin melainkan dari tenaga baterai,” ucap Eko kepada Kompas.com, Sabtu (2/12/2023).

Eko mengatakan perubahan tersebut membuat mesin Innova Zenix hybrid kerja lebih ringan karena tidak lagi harus memutar kompresor. Dampak positifnya mobil lebih responsif dan efisien.

Tapi, konsumen harus hati-hati saat melakukan perawatan AC pasalnya tidak semua bengkel AC tahu bahwa mobil hybrid ini membutuhkan oli kompresor khusus.

“Oli kompresor yang digunakan Innova Zenix hybrid wajib bersifat isolator atau tidak bisa menghantarkan listrik, hal ini berkaitan dengan sistem kerjanya, kini sudah digerakkan oleh dinamo,” ucap Eko.

Menurut Eko oli kompresor yang masih bisa menghantarkan listrik justru bisa mengganggu kinerja AC pada Innova Zenix. Penggerak kompresor bisa bekerja tidak optimal karena aliran listrik bisa bocor ke bodi.

Dewa, Pemilik AC Mobil Jogja mengatakan spesifikasi oli kompresor untuk Innova Zenix hybrid berbeda dengan yang konvensional.

“Saya sudah siapkan mesin khusus untuk perawatan mobil hybrid karena membutuhkan oli kompresor yang berbeda, mobil listrik atau hybrid kan sudah menggunakan kompresor elektrik,” ucap Dewa kepada Kompas.com, Sabtu (2/12/2023).

Dewa mengatakan kompresor elektrik secara prinsip kerja sama saja dengan kompresor konvensional. Perbedaannya hanya pada penggerak sudah tidak lagi mengandalkan putaran mesin.

“Kalau dirawat dengan baik dan benar, seharusnya kompresor pada mobil hybrid lebih awet meski harganya jauh lebih mahal, jadi sebisa mungkin jangan sampai rusak,” ucap Dewa.

Nah, salah satu cara agar kompresor AC mobil awet adalah dengan melakukan servis rutin menggunakan metode dan oli kompresor sesuai yakni oli yang bersifat isolator.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perhatian, Innova Zenix Hybrid Butuh Perawatan AC Khusus", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/12/03/124100115/perhatian-innova-zenix-hybrid-butuh-perawatan-ac-khusus?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm