( Humas PLN Babel)

PLN Gerak Cepat Atasi Gangguan Petir Pada Sistem Kelistrikan 150kV di Pulau Bangka

3 Desember 2023 18:58 WIB

SONORABANGKA.ID - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Bangka Belitung (PLN Babel) gerak cepat lakukan pemulihan listrik pasca gangguan yang terjadi pukul 13.40 WIB pada Sistem Kelistrikan di Pulau Bangka yang berdampak padam meluas.

Segera setelah kejadian, petugas PLN Babel bergerak cepat untuk melakukan penormalan bertahap mulai dari sisi transmisi, distribusi hingga ke seluruh pelanggan.

Manajer PLN Unit Pelaksana Pembangkitan Bangka Belitung, Wayan Budi Laksana menyampaikan, penyebab gangguan yang terjadi yang menyebabkan hilangnya suplay listrik dikarenakan sambaran petir pada jalur transmisi 150kV Kelapa-Pangkalpinang.

"Saat gangguan, cuaca sedang hujan deras dan aktivitas petir yang terdeteksi tinggi yang menyambar jaringan SUTT 150 kV PLN sehingga menyebabkan
suplay listrik ke GI 150kV Pangkalpinang, Air Anyir, Sungailiat, Koba dan Toboali trip (terputus) yang menyebabkan padam meluas. Setelah mengetahui gangguan, petugas PLN segera melakukan perbaikan gangguan dan melakukan penormalan sistem kelistrikan”, ungkap Wayan.

Upaya penormalan melibatkan penanganan pada 5 gardu induk, 81 penyulang tegangan menengah 20 kV, 3.176 gardu distribusi, dan 317.618 pelanggan terdampak. Kecepatan dan dedikasi dalam penanganan ini tidak hanya memastikan pemulihan yang cepat, tetapi juga menjaga tingkat keselamatan dan kualitas pekerjaan yang optimal oleh petugas PLN untuk memastikan layanan kelistrikan kembali normal 100% pada pukul 15.48 WIB.

PLN menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pelanggan di Pulau Bangka atas ketidaknyamanannya. PLN juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat atas dukungannya sehingga pemulihan gangguan dapat berjalan lancar.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm