komponen link stabilizer pada Mobil(Suzuki.co.id)
komponen link stabilizer pada Mobil(Suzuki.co.id) ( KOMPAS.COM)

Komponen Bawaan Pabrik Ini Menciptakan Mobil Lebih Stabil

3 Desember 2023 20:05 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Produsen mobil tidak hanya berlomba membuat mobil bertenaga serta efisien, namun mereka juga berusaha menciptakan suspensi yang aman dan nyaman.

Bagaimanapun, keamanan dan kenyamanan penumpang menjadi prioritas mereka. Oleh karena itu, mobil dengan suspensi nyaman kerap menjadi pilihan masyarakat.

Di balik kenyamanan suspensi sebuah mobil ada banyak komponen yang menunjang salah satunya adalah link stabilizer.

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan demi menunjang kenyamanan suspensi pabrikan biasanya membekali mobil dengan link stabilizer.

“Link stabilizer biasanya sudah ada dari bawaan pabrik, meski tidak semua ada, sesuai namanya, komponen ini bertugas menjaga kestabilan bodi kendaraan agar tidak limbung,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Sabtu (2/12/2023).

Hardi mengatakan, mobil berpotensi mengalami limbung akibat manuver dan kondisi jalan. Misal saat mobil beralih lajur dengan cepat, saat mobil menikung dan jika menerima benturan dari permukaan jalan tidak rata.

“Kalau mobil limbung, kenyamanan penumpang yang dikorbankan, makanya mobil membutuhkan komponen penunjang, salah satunya link stabilizer,” ucap Hardi.

Tidak cuma soal kenyamanan, limbung juga bisa mempengaruhi keselamatan berkendara. Pasalnya, saat limbung mobil bisa hilang kendali karena roda berpotensi menapak tidak sempurna.

“Gaya limbung akibat manuver atau kondisi jalan harus dikurangi agar konsumen dapat merasakan mobil yang aman dan nyaman saat dikendarai,” ucap Hardi.

Perlu diketahui bahwa tidak semua mobil dibekali link stabilizer oleh produsen. Menurut Hardi, ada pertimbangan terkait karakter mobil. Seperti MPV dengan bodinya yang tinggi, dan SUV dituntut tangguh menerjang jalan tidak rata maka link stabilizer akan diperhitungkan.

“Demi menjaga performa dan kenyamanan berkendara, mobil-mobil yang sudah dibekali link stabilizer perlu dirawat dengan baik, minimal melakukan pemeriksaan ke bengkel agar kualitasnya terjaga,” ucap Hardi.

Jadi, link stabilizer menjadi komponen yang berperan cukup baik dalam menciptakan stabilitas mobil saat dioperasikan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Komponen Bawaan Pabrik Ini Bikin Mobil Lebih Stabil", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/12/03/142100415/komponen-bawaan-pabrik-ini-bikin-mobil-lebih-stabil.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm