komponen link stabilizer pada Mobil(Suzuki.co.id)
komponen link stabilizer pada Mobil(Suzuki.co.id) ( KOMPAS.COM)

Cara Periksa Mobil Sudah Dibekali Link Stabilizer atau Belum

3 Desember 2023 20:57 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Link stabilizer merupakan komponen bawaan pabrik yang masuk dalam kelompok suspensi mobil. Komponen ini bertugas menjaga kestabilan mobil saat bermanuver dan melibas jalan tidak rata.

Sayangnya, tidak semua mobil dibekali link stabilizer sehingga banyak konsumen mencari alternatif lain dengan memasang aksesoris yang ada di pasaran.

Mobil-mobil yang sudah dibekali link stabilizer cukup menjaga kesehatan komponen tersebut agar saat berkendara tetap aman dan nyaman.

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan untuk mengetahui apakah mobil sudah dibekali link stabilizer atau belum bisa memeriksanya secara mandiri.

“Untuk melihatnya langsung, konsumen harus melihatnya dari bawah mobil karena komponen ini berada di bagian suspensi,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Sabtu (2/12/2023).

Hardi mengatakan dari bawah akan terlihat lebih jelas susunan suspensi mobil mulai dari rangka, cross member, peredam kejut, rack steer dan link stabilizer jika dilengkapi.

“Link stabilizer berupa batang torsi cukup panjang, dia melintang sepanjang lebar kendaraan, biasanya diikat pada cross member atau rangka mobil menggunakan bushing terbuat dari karet, ada baut dan pengikatnya juga,” ucap Hardi.

Selanjutnya, Hardi juga mengatakan batang torsi tersebut akan disambungkan dengan connecting rod mengikat pada peredam kejut kanan dan kiri atau komponen lain seperti knuckle roda, link arm dan sejenisnya.

“Mungkin akan ada perbedaan susunan konstruksi pemasangan link stabilizer pada masing-masing mobil, secara prinsip dia mengikat sisi kanan dan kiri suspensi sehingga lebih kaku,” ucap Hardi.

Hardi mengatakan komponen link stabilizer gampang dikenali karena bentuknya khas. Selain itu juga banyak dijumpai di pasaran.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Memeriksa Mobil Sudah Dibekali Link Stabilizer atau Belum", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/12/03/160100515/cara-memeriksa-mobil-sudah-dibekali-link-stabilizer-atau-belum.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm