ECGO 3(KOMPAS.com/SENDY)
ECGO 3(KOMPAS.com/SENDY) ( KOMPAS.COM)

Daftar Motor Listrik Subsidi per Desember 2023, Terdapat 39 Model

4 Desember 2023 16:38 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Daftar motor listrik penerima subsidi pemerintah sebesar Rp 7 juta sedikit demi sedikit mulai bertambah. Per 4 Desember 2023, total ada 39 motor listrik bersubsidi yang bisa dipilih konsumen.

Dilansir dari situs Sistem Informasi Pemberian Bantuan Pembelian Kendaraan Listrik Roda Dua (Sisapira.id) (4/12/2023), model terbaru itu adalah ECGO 3 A/T yang dijual Rp 9,9 juta.

Sebelumnya, ECGO 3 punya banderol Rp 17,9 juta untuk model yang tanpa baterai atau menggunakan sistem sewa. Sedangkan yang kena subsidi, nantinya harga sudah termasuk sewa baterai selama enam bulan atau 10.000 Km.

Soal spesifikasi, ECGO 3 diklaim punya tiga keunggulan. Pertama, baterai sudah litium, diklaim punya masa pakai yang awet, lalu kecepatan puncak 75 Kpj, dan terakhir jarak tempuh 80 Km untuk satu baterai.

Kapasitas baterai yang digunakan adalah 64V 27Ah atau sekitar 1.728 kWh. Klaim jarak 80 Km harus memenuhi syarat jika jalan konstan 30 Kpj, beban pengendara 70 Kg dan permukaan rata.

Baterai tersebut terhubung ke dinamo 2 kW yang posisinya ada di roda belakang atau hub drive.

Ukurannya 12 inci, sama dengan pelek depan, jadi dimensinya makin mirip dengan skutik konvensional. Soal lama pengecasan, dengan cas biasa memakan waktu lima jam sampai enam jam.

Sedangkan jika pakai pengisi daya cepat atau fast charger bisa dua setengah jam sampai tiga jam.

Sementara itu, Budi Setiyadi, Ketua Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli) mengatakan, daftar motor listrik penerima subsidi masih akan bertambah sampai akhir 2023.

“Jadi sampai dengan Desember perkiraan saya masih banyak,” ujar Budi di Jakarta, belum lama ini.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm