Ilustrasi kulkas terlalu penuh
Ilustrasi kulkas terlalu penuh ( SHUTTERSTOCK/ODUA IMAGES)

Jangan Sering Buka Tutup, Berikut 4 Cara Jaga Suhu Kulkas Tetap Dingin

4 Desember 2023 20:09 WIB

SonoraBangka.id - Penting untuk menjaga kestabilan suhu dingin kulkas agar makanan di dalamnya tidak rusak. Sebab, makanan sengaja ditaruh kulkas untuk memperpanjang umur simpannya dan menjaganya tetap segar sebelum dikonsumsi.

Suhu kulkas ideal berada pada kisaran satu hingga tiga derajat celsius untuk mencegah pertumbuhan bakteri. Simak empat cara menjaga suhu kulkas tetap dingin agar kulkas awet, seperti dilansir Real Simple berikut ini.

1. Jangan masukkan makanan panas

Pastikan suhu makanan sudah mendingin sebelum menyimpannya di kulkas. Perubahan suhu drastis bisa merusak kulkas. Biarkan makanan yang baru dimasak didiamkan di suhu ruang hingga agak dingin, lalu tutup dan masukkan kulkas.

2. Cek karet pintu kulkas secara berkala

Karet akan merekatkan pintu pada badan kulkas. Jika tidak tertutup sempurna, suhu dingin kulkas akan berkurang. Kebocoran udara ini bisa memicu ketidakstabilan suhu dingin kulkas hingga meningkatkan tagihan listrik.

3. Jangan sering buka-tutup kulkas 

Hindari kebiasaan membuka dan menutup pintu kulkas terlalu sering. Ini juga bisa menyebabkan suhu kulkas menjadi kurang dingin. Kulkas akan mengeluarkan udara dingin ketika dibuka, lalu udara hangat masuk ke dalamnya. Hal ini bisa memengaruhi keseluruhan suhu bila terlalu sering dibuka-tutup setiap hari.

4. Isi kulkas dengan bijak

Isi kulkas secukupnya, jangan terlalu kosong atau kepenuhan. Sebab, udara dingin akan bergerak, alirannya merata ke seluruh kulkas. Isi kulkas yang terlalu penuh akan membuat udara dingin sulit bergerak dan meningkatkan risiko kantong udara hangat. Sisakan sekitar 20 persen dari keseluruhan kulkas untuk ruang kosong agar udara dapat bergerak dengan baik.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Jaga Suhu Kulkas Tetap Dingin, Jangan Sering Buka Tutup", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/29/170500175/4-cara-jaga-suhu-kulkas-tetap-dingin-jangan-sering-buka-tutup.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm