Ilustrasi abon ikan cakalang, makanan yang awet disimpan lama.
Ilustrasi abon ikan cakalang, makanan yang awet disimpan lama. ( SHUTTERSTOCK/DWI PUTRA STOCK)

Antiamis dan Tahan Lama, Berikut Ini 6 Cara Membuat Abon Ikan

4 Desember 2023 20:17 WIB

SonoraBangka.id - Sedang punya ikan dalam jumlah banyak di freezer rumah? Coba olah menjadi abon ikan untuk stok lauk makan kering.  Cara membuat abon ikan bisa dibilang susah gampang karena kamu perlu menumis hingga memproses hingga benar-benar kering.

Kalau sudah kering, masukkan ke dalam wadah kedap udara untuk menjaga kelembabannya.  Dilansir dari majalah "Saji / ED 329 2015" terbitan Gramedia, ketahui dan ikuti penjelasan seputar cara membuat abon ikan berikut ini. 

1. Pilih jenis ikan yang tepat

Kamu bisa menggunakan jenis ikan air tawar atau air laut. Namun, pastikan untuk selalu menggunakan ikan dengan daging yang lembut dan padat seperti tongkol. Ikan yang lembut menghasilkan abon yang lembut juga.

2. Gunakan ikan segar

Selanjutnya, gunakan ikan segar agar tidak mengeluarkan bau amis. Selain itu, ikan yang tidak segar bisa mengeluarkan bau tidak sedap pada hasil akhir abon.

3. Kukus dan tambahkan jahe

Cara membuat abon ikan yang pertama adalah dengan cara dikukus. Tambahkan dengan jahe agar aroma amisnya berkurang. Kalau sudah matang, angkat dan biarkan dingin. Kalau sudah dingin, suwir sesuai selera. Pisahkan daging, tulang, dan bagian perutnya. 

4. Tumis bumbu hingga rata

Proses membuat abon ikan yang selanjutnya adalah lakukan penumisan. Bumbu ditumis hingga harum dan kering. Tumis bumbu dan ikan harus teraduk secara merata. Kalau bumbu tidak kering maka abon akan menggumpal.

5. Gunakan api kecil

Pada saat proses aduk dari daging ikan suwir dan bumbu abon, atur dengan api kecil. Aduk terus hingga kandungan air di dalamnya menguap. Api yang kecil dan proses aduk yang rata dan kering bisa menghasilkan warna abon yang cokelat kekuningan.

6. Tambah dengan daun aromatik

Kamu bisa menggunakan daun aromatik seperti, daun jeruk, daun kemangi, hingga terasi untuk membuat abon jadi harum.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Cara Membuat Abon Ikan Antiamis dan Tahan Lama", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/30/120700975/6-cara-membuat-abon-ikan-antiamis-dan-tahan-lama.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm