Ilustrasi manfaat terong untuk menurunkan kolesterol jahat.
Ilustrasi manfaat terong untuk menurunkan kolesterol jahat. ( iStockphoto/Qwart)

Tetap Segar dan Tidak Keriput, Berikut Ini 6 Cara Simpan Terong

4 Desember 2023 20:23 WIB

SonoraBangka.id -  Salah menyimpan terong bisa membuat sayuran ini berubah keriput dan menghitam sebelum dimasak. Ada cara menyimpan terong agar segar dan awet hingga enam bulan.

Bisa memanfaatkan kulkas, freezer, maupun suhu ruang. Dilansir dari Master Class, simak enam cara menyimpan terong agar tidak keriput berikut ini. 

1. Beli terong segar

Kunci menyimpan terong tidak keriput adalah membeli terong segar. Pilih terong berwarna gelap tanpa perubahan warna. Kulit terong seharusnya halus dan berkilau, tidak ada bintik-bintik tanda pembusukan yang membuatnya tak lagi segar.

2. Pisahkan terong dari sayur bergas etilen

Sama halnya dengan pisang, apel, dan melon, terong termasuk penghasil etilen yang dapat mempercepat pematangan. Sebaiknya, simpan terong jauh dari bahan lain agar tidak merusak proses simpan buah atau sayur alinnya.

3. Semprotkan jus lemon pada terong

Potongan terong bisa tetap segar tanpa keriput. Caranya, tumpuk terong yang sudah dipotong dan semprotkan jus lemon. Aduk terong dan jus lemon hingga merata. Sifat asam lemon akan menjaga kesegarannya tanpa pengawet.

4. Simpan di suhu ruangan

Selama masih berbentuk utuh, terong sebaiknya disimpan di suhu ruang agar tidak keriput. Letakkan terong di alas kertas dan agak tutup, jangan menutup rapat agar aliran udaranya tetap ada serta menjaga terong tetap segar. Letakkan terong di ruangan sejuk dan jauh dari sinar matahari langsung. Usahakan ruangannya bersuhu 12 derajat celsius.

5. Masukkan terong ke kulkas

Bungkus terong dengan tisu dan masukkan ke dalam kantong plastik tanpa menutupnya rapat. Biarkan sirkulasi udara tetap terjaga selama menyimpan terong agar tidak keriput dan tetap segar saat dimasak. Terong yang disimpan di rak kulkas dapat bertahan selama lima hingga tujuh hari.

6. Bekukan terong

Paling lama, terong bsia disimpan di freezer hingga enam bulan. Cuci terong dengan air dingin dan kupas. Lalu masukkan ke dalam rebusan air yang sudah ditambahkan jus lemon selama empat menit agar warnanya tidak berubah. Tiriskan terong dan kemas. Simpan beku dan jangan lupa bilas sebelum menggunakannya untuk memasak.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Cara Simpan Terong agar Tetap Segar dan Tidak Keriput", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/30/170500975/6-cara-simpan-terong-agar-tetap-segar-dan-tidak-keriput?page=all#page2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm