Ilustrasi mudik gratis Kemenhub pada masa Natal dan Tahun Baru
Ilustrasi mudik gratis Kemenhub pada masa Natal dan Tahun Baru ( DOK. Kemenhub)

Hari Ini Pendaftaran Mudik Gratis Kemenhub Dibuka, Simak Cara Daftarnya

5 Desember 2023 10:33 WIB

SonoraBangka.ID - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka pendaftaran mudik gratis bagi pengguna sepeda motor selama periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Adapun pendaftaran mudik gratis dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub ini dilakukan secara online melalui aplikasi Mitra Darat selama 5-20 Desember 2023.

Direktur Angkutan Jalan Kemenhub Suharto mengatakan, kuota mudik gratis darat ini disiapkan sebanyak 3.600 penumpang dan 120 unit sepeda motor.

Nantinya, peserta mudik gratis akan diangkut dengan 90 unit bus AKAP dan parwisata sedangkan sepeda motor para peserta akan diangkut menggunakan 4 unit truk.

"Sesuai arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno, maka kami akan menyelenggarakan Mudik Gratis di libur Nataru ini," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (4/12/2023).

Suharto menambahkan, untuk keberangkatan sepeda motor dengan truk rencananya dilakukan pada Jumat (22/12/2023) dari Terminal Tipe A Pondok Cabe.

Sementara pelepasan mudik gratis bagi penumpang akan dilaksanakan pada Sabtu (23/12/2023) dari Terminal Kampung Rambutan DKI Jakarta dan Terminal Terpadu Pulo Gebang.

"63 bus akan diberangkatkan dari Terminal Pulo Gebang (dengan kuota 2.520 penumpang) dan Terminal Kampung Rambutan 27 bus (dengan kuota 1.080 penumpang)," ucapnya.

Adapun kota tujuan dengan masing-masing unit berkapasitas 40 orang, yang disiapkan yakni Jakarta-Solo, Jakarta-Yogyakarta, Jakarta-Surabaya, Jakarta-Wonosobo, Jakarta-Semarang, Jakarta-Wonogiri, Jakarta-Cilacap, Jakarta-Putwokerto, Jakarta-Malang, Jakarta-Kediri, dan Jakarta-Madiun. Selain itu, Kemenhub juga menyediakan 1 unit bus disabilitas dengan kapasitas 40 orang.

Sementara untuk angkutan sepeda motor, kota tujuannya hanya tersedia 2 rute yaitu Jakarta-Solo dan Jakarta-Yogyakarta.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm