Bupati Bangka Tengah, Algafri Rahman, S.T., M.Pd. (ditengah) bersama PLN dan forkopimda melakukan penekanan Sirine, bertanda lounching Penyalaan 24 Jam PLTD Pulau Nangka
Bupati Bangka Tengah, Algafri Rahman, S.T., M.Pd. (ditengah) bersama PLN dan forkopimda melakukan penekanan Sirine, bertanda lounching Penyalaan 24 Jam PLTD Pulau Nangka ( Humas PLN Babel)

Resmikan Listrik 24 Jam, PLN dan Pemerintah Daerah Wujudkan Penantian Masyarakat Pulau Nangka

5 Desember 2023 15:02 WIB

SONORABANGKA.ID - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Bangka Belitung (Babel) berhasil mewujudkan listrik nyala 24 jam di Pulau Nangka guna memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat yang ada di Pulau itu, Senin (4/12/2023).

Mewakili General Manager PLN UIW Babel dalam acara launching layanan nyala 24 Jam, Senior Manajer Komunikasi, Keuangan dan Umum (KKU) PLN UIW Babel, Anton Wahyu Utomo menyampaikan, Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Pulau Nangka mulai dibangun konstruksinya pada Bulan April 2017.

"Permohonan untuk pemasangan listrik di Pulau Nangka disampaikan pada September 2016 melalui surat Gubernur Provinsi Kepulauan Babel saat itu. Bersamaan dengan itu PLN melakukan survey lokasi, mengurus perizinan, sampai pada bulan Juni 2017 PLTD 2x100 kW Pulau Nangka mulai beroperasi dengan pola penyalaan 12 jam" kata Anton.

Anton mengucapkan rasa syukur dan terimakasih atas dukungan yang diberikan oleh berbagai pihak, termasuk masyarakat Pulau Nangka, Pemerintah Desa, Kecamatan, Pemkab Bangka Tengah, Pemprov Babel, dan pemerintah pusat. Kolaborasi ini memungkinkan PLN UIW Babel untuk mengoperasikan PLTD Pulau Nangka selama 24 jam sejak tanggal 30 November 2023.

Anton menambahkan harapannya bahwa masyarakat dapat bersama-sama menjaga aset PLN sehingga kehandalan listrik tetap terjaga di Pulau Nangka serta menjaga keselamatan dalam penggunaka listrik.

"Saat ini masih sekitar 26% kapasitas PLTD yang terpakai, masih banyak yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan Pulau Nangka seperti, membuat Usaha Kecil Menengah dan Mikro (UMKM) untuk mengelola hasil laut dan kebun dari Pulau Nangka, membangun tempat-tempat wisata baru yang potensinya banyak di Pulau Nangka sehingga diharapkan sektor perekonomian, pendidikan, dan pariwisata di Pulau Nangka terus tumbuh dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat nantinya," ungkap Anton.

Sementara Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, S.T., MPd. dalam acara Lounching PLN 24 Jam Pulau Nangka menyampaikan ucapan terimkasih mewakili masyarakat Pulau Nangka kepada PLN UIW Babel dalam mewujudkan penyalaan listrik sepanjang hari di Pulau Nangka. Ia juga mengapresiasi peran berbagai pihak, yang berkontribusi dalam mewujudkan proyek ini.

"Banyak pihak yang terlibat dalam mewujudkan mimpi masyarakat Pulau Nangka ini termasuk Kementerian ESDM serta Anggota DPR RI Komisi VII Bapak Bambang Patijaya, S.E., M.M., yang memperjuangkan juga ditingkat pusat. Kita harus banyak bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nikmatNya yang diberikan kepada kita. Saya, PLN, pemerintah desa sampai pusat hanya perantara saja yang membantu mewujudkan mimpi kita semua", Imbuh Bang Ayi, nama yang akrab disapa.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Bangka Tengah dan Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN UIW Babel memberikan bantuan sembako kepada masyarakat Pulau Nangka yang membutuhkan, yang merupakan wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm