Ilustrasi cabai halus atau bumbu halus.
Ilustrasi cabai halus atau bumbu halus. ( Shutterstock/Wiyada Jaroenkhan)

Berikut Ini 3 Cara Simpan Cabai Halus untuk Stok Bumbu

5 Desember 2023 17:56 WIB

SonoraBangka.id - Selain disimpan segar, cabai juga biasanya disimpan dalam bentuk sudah dihaluskan. Cabai halus umum dijadikan stok bumbu untuk memasak karena bisa bertahan lama daripada disimpan saat segar.

Simak tiga cara menyimpan bumbu halus yang dibagikan oleh Aditya Rifky Pratama Putra, supervisor Lambe Njontor Yogyakarta berikut ini. 

1. Simpan di wadah kedap udara

Segera masukkan cabai halus ke dalam mangkuk atau wadah kedap udara setelah dihaluskan. Wadah kedap udara akan membantu bumbu halus terkena kontaminasi dari udara dan bau di sekitarnya.

2. Masukkan bumbu halus ke dalam  freezer 

Simpan bumbu halus di freezer agar lebih tahan lama dan kualitasnya tidak menurun. Sebenarnya, cabai halus ini juga bisa disimpan di kulkas, tetapi tidak bisa bertahan lebih lama seperti saat disimpan di freezer. "Kalau dibekukan, cabai halus bisa tahan selama satu sampai dua minggu," tutur pria yang akrab disapa Rifky tersebut.

3. Cairkan dulu sebelum dimasak

Bila ingin menggunakan stok cabai halus untuk memasak, jangan lupa cairkan dulu bumbu ini. Kamu bisa menaruhnya di kulkas atau suhu ruang untuk menurunkan temperaturnya dari beku. "Kalau terburu-buru, biasanya kami langsung masak sampai halus lagi sih bumbunya," kata Rifky saat ditemui Kompas.com di Lambe Njontor Yogyakarta, Rabu (29/11/2023).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Simpan Cabai Halus untuk Stok Bumbu", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/12/01/160400175/3-cara-simpan-cabai-halus-untuk-stok-bumbu.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm