Tahu yang masih dalam kondisi baik akan berwarna putih tanpa bercak-bercak.
Tahu yang masih dalam kondisi baik akan berwarna putih tanpa bercak-bercak. ( FREEPIK/JCOMP)

Berikut 4 Ciri Tahu Bagus dan Cara Menyimpannya agar Tidak Asam

5 Desember 2023 18:11 WIB

SonoraBangka.id - Tahu mempunyai masa simpan cenderung singkat. Rasa tahu mudah masam dan teksturnya rentan hancur terutama bila salah cara menyimpan. Hal itu dapat dihindari jika membeli tahu berkualitas baik dan melakukan trik tertentu saat menyimpan tahu.

Tak perlu khawatir stok tahu cepat asam, simak ciri tahu enak dan berkualitas serta cara menyimpannya mengutip majalah "SajianKu VOL 9/I/2014: Serba-Serbi Memilih dan Menyimpan Wortel, Membuat Nugget" karya Team Dapur Lezat terbitan Mediantara Infopersada. 

1. Tekstur tahu putih lembut

Tekstur tahu putih yang berkualitas tidak terlalu keras. Bila ditekan bagian tengah tahu dan saat dipotong, teksturnya lembut.  Aroma kedelai tahu putih bagus juga cukup khas. Tahu putih yang sudah dipotong hanya bertahan di dalam kulkas selama tiga hari.

2. Warna tahu kuning tidak mudah pudar

Tahu kuning mempunyai warna alami yang biasanya terbuat dari kunyit sehingga tidak mudah pudar. Warna kuning alami dari kunyit pada tahu juga tidak mencolok. Bila membeli tahu kuning, pastikan kedua ciri itu terpenuhi.

3. Bau tahu tidak menyengat

Hindari membeli tahu dengan aroma menyengat karena ini menandakan tahu tidak bagus. Di samping itu, jangan memilih tahu yang teksturnya terlalu keras. Bila umur simpan tahu terlalu lama, sebaiknya dihindari karena ada kemungkinan diberi pengawet kimia yang tak baik untuk tubuh.

4. Tahu tidak kedaluwarsa

Tahu kemasan di supermarket umumnya dilengkapi dengan label tanggal produksi dan kedaluwarsa. Perhatikan tanggal ini agar terhindar dari tahu yang sudah tak layak konsumsi. Pilih pula tahu dengan kemasan yang masih baik, kondisi tahu utuh, tidak pecah, dan airnya tidak berbusa.

Cara simpan tahu agar tidak asam

1. Cuci tahu dengan air bersih Curi tahu segera setelah kamu sampai di rumah menggunakan air bersih atau air keran mengalir agar rasa tahu tetap enak. Hindari menyimpan tahu di kulkas terlalu lama. Hal ini akan membuat rasa tahu kecut dan asam.

2. Rebus tahu

Rebus tahu dalam air mendidih selama lima hingga sepuluh menit untuk menghentikan proses fermentasi tahu. Hal ini bakal membuat rasa tahu tidak cepat asam. Setelah dingin, tahu bisa segera diolah atau disimpan di kulkas dalam waktu cukup lama. Simpan tahu di dalam wadah kedap udara dan bertutup rapat agar permukaan tahu tidak mudah kering.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Ciri Tahu Bagus dan Cara Menyimpannya agar Tidak Asam", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/12/04/090434375/4-ciri-tahu-bagus-dan-cara-menyimpannya-agar-tidak-asam.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm