BYD jadi salah satu merek mobil listrik yang meramaikan Thailand International Motor Expo 2023(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA)
BYD jadi salah satu merek mobil listrik yang meramaikan Thailand International Motor Expo 2023(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA) ( KOMPAS.COM)

Bos BYD Indonesia Sebut EV Bakal Jadi Tren yang Sulit Untuk Dihentikan

5 Desember 2023 18:41 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Raksasa mobil listrik asal China, BYD, akan masuk pasar Indonesia mulai 2024. Walau saat ini market mobil listrik alias electric vehicle (EV) belum besar, BYD percaya ke depan Indonesia akan jadi pemain penting.

Eagle Zhao, Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia, mengatakan, begitu tren mobil listrik memasuki suatu negara, maka tidak ada yang bisa membendungnya.

"Jika kita bicara mengenai elektrifikasi di mobil, kita bisa kembali ke 15 tahun lalu waktu Apple mengeluarkan iPhone. Saat pertama launching smartphone, 99 persen orang sebelumnya hanya memakai fitur SMS," kata Zhao kepada Kompas.com, di Jakarta, Senin (4/12/2023).

"Saat iPhone keluar sebagian orang kesulitan, seperti baterai yang cepat habis tidak seperti Nokia, Motorola, kemudian layarnya besar, mudah retak atau tergores. Orang belum terbiasa menggunakan smartphone, bahkan telepon sampai berjam-jam," katanya.

Tapi, dengan cepat orang mulai beralih menggunakan ponsel pintar karena punya fitur yang banyak dan memudahkan dalam keseharian.

Melihat kejadian tersebut Zhao percaya masa depan EV ralatif juga akan sama. Saat ini mungkin belum banyak orang Indonesia yang pakai mobil listrik, tapi perlahan pasarnya akan makin terbuka.

"Kami percaya tren elektrifikasi melihat negara anda untuk dibanding Amerika Sekitar, China atau Singapura dan Thailand, sangat jelas, dan sangat cepat dalam penerimaan EV," ujar Zhao.

"Di Malaysia, tahun lalu penetrasi EV cuma 0,5 persen untuk mobil listrik baru. Tahun ini persentasenya naik jadi 2 persen. Tentu BYD menyumbang banyak (penjualan) pada persentase tersebut," katanya.

"Di Thailand juga sama, tahun lalu cuma 2 persen dan tahun ini lebih dari 10 persen, penetrasi EV," ujarnya. "Jadi begitu elektrifikasi sudah dimulai tidak ada yang bisa menghentikan tren ini," ujar Zhao.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bos BYD Indonesia Sebut EV Bakal Jadi Tren yang Sulit Dihentikan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/12/05/082200815/bos-byd-indonesia-sebut-ev-bakal-jadi-tren-yang-sulit-dihentikan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm