Kementerian Pertanian (Kementan) menyalurkan bantuan 50.000 benih kopi arabika kepada Kelompok Tani (Poktan) Kawasan Terpadu Nusantara di Temanggung, Jawa Tengah (Jateng).
Kementerian Pertanian (Kementan) menyalurkan bantuan 50.000 benih kopi arabika kepada Kelompok Tani (Poktan) Kawasan Terpadu Nusantara di Temanggung, Jawa Tengah (Jateng). ( DOK. Humas Kementan)

Bersama BNPT dan Pemda, Kementan Salurkan 50.000 Benih Kopi Arabika di Temanggung

6 Desember 2023 10:37 WIB

SonoraBangka.ID - Kementerian Pertanian (Kementan) menyalurkan bantuan 50.000 benih kopi arabika kepada Kelompok Tani (Poktan) Kawasan Terpadu Nusantara di Temanggung, Jawa Tengah (Jateng).

Penyaluran bantuan itu merupakan hasil kerja sama dengan berbagai pihak instansi pemerintahan dan daerah dalam rangka mendukung keberhasilan program deradikalisasi berbasis kesejahteraan.

Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengatakan, bantuan itu menjadi bukti sinergitas dan kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah yang harus diperkuat untuk menjaga kepentingan petani, bangsa, dan negara. 

Dia juga mengatakan, hal tersebut juga dilakukan untuk mencapai swasembada pertanian.

Pada kesempatan berbeda, Direktur Jenderal Perkebunan Kementan Andi Nur Alam Syah menyatakan, saat ini mentan tengah berfokus pada komoditas pangan.

Meski demikian, Direktorat Jenderal Perkebunan (Ditjenbun) tetap menjalankan amanat dalam menyejahterakan pekebun kopi serta mengembangkan kawasan kopi layak tanam di daerah seperti Temanggung.

“Kami akan memberi bantuan benih kopi kepada para pekebun yang saat ini membutuhkan replanting secara masif,” ujarnya dalam siaran pers, Selasa (5/11/2023). 

Dia juga mengatakan, pihaknya akan membangun logistik perkebunan serta mendorong pertumbuhan industri hilirisasi.

Dalam hal ini, Kementan melalui Ditjen Perkebunan menyerahkan bantuan secara simbolis di Desa Bansari.

Acara tersebut dihadiri Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Sinergitas Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) beserta jajaran, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jateng, dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Temanggung.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm