lustrasi jamur crispy yang renyahnya tahan lama, pakai jenis jamur shitake.
lustrasi jamur crispy yang renyahnya tahan lama, pakai jenis jamur shitake. ( DOK.SHUTTERSTOCK/D12stones)

Menu Tumis atau Kaldu Jamur, Berikut Ini 6 Resep Jamur Shitake

6 Desember 2023 14:18 WIB

SonoraBangka.id - Ada banyak sekali olahan jamur shitake ala rumahan yang bisa kamu coba dengan mudah. Salah satunya, menu jamur shitake balut tepung yang renyah tahan lama. Kompas.com rangkum sedikitnya ada enam cara memasak jamur shitake yang enak untuk aneka hidangan segala suasana.

1. Resep shiitake dashi

Shiitake dashi adalah kaldu khas Jepang yang dibuat dari jamur shitake kering. Cara membuatnya cukup mudah, kamu hanya perlu merendam jamur shitake yang sudah iebrsihkan kemudian angkat dan saring. Air rendaman tersebut bisa dijadikan dasar membuat shiitake dashi.

2. Resep jamur shiitake bakso

Bahan adonan bakso adalah daging giling, bawang bombai, saus tiram, dan maizena. Sementara saus pendamping jamur shitake isi bakso terbuat dari campuran saus tomat, cabai bubuk, dan bawang putih. 

3. Resep tumis tahu pedas jamur shiitake

Ada cara mengolah jamur shitake yang cocok untuk menu makan siang. Ada spicy tofu yang dicampurkan dengan jamur shitake dan irisan daun bawang, rasa pedasnya bikin mata melek. 

4. Resep bubur nasi coklat

Kalau biasanya bubur dihidangkan dengan warna nasi putih, resep yang satu memiliki warna cokelat. Ada tambahan isi seperti daging sapi giling, jamur shitake, dan bawang putih goreng yang menambah kenikmatan.

5. Resep tumis jamur shitake dan terong

Tumis jamur shitake bisa kamu hidangkan karena cepat masaknya. Hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit saja.

6. Resep tumis jamur shitake

Ada olahan jamur shitake dengan rosemary yang aromatik. Daun yang biasanya ada di masakan Italia ini, bisa kamu hidangkan dengan cara ditumis praktis.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Resep Jamur Shitake, Menu Tumis atau Kaldu Jamur", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/12/06/140300075/6-resep-jamur-shitake-menu-tumis-atau-kaldu-jamur.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm