Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah, drg M Annas Ma'ruf
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah, drg M Annas Ma'ruf ( dok Bangkapos.com )

10 Penyakit Dominan Terjadi di Bangka Tengah, Dinkes Berupaya Tekan Kenaikan Kasus

6 Desember 2023 15:49 WIB

SonoraBangka.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangka Tengah selama bulan Oktober 2023, mencatat ada 10 penyakit terbanyak yang dialami masyarakat.

10 penyakit itu meliputi dipepsia 1.067 kasus, infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) 789 kasus, hipertensi 786 kasus, diabetes melitus 531 kasus, common cold 389 kasus, febris 290 kasus, mialgia 251 kasus, penyakit sistem otot dan jaringan 242 kasus, gastristis 161 kasus dan chelpagia 155 kasus.

"Untuk dipepsia penangana harus makan teratur, hindari makan terlalu pedas asam dan hindari stres kalau ISPA itu dengan menjaga imunitas dan istirahat cukup," ujar Kepala Dinas Kesehatan Bangka Tengah, drg M. Annas Ma'ruf, Rabu (6/12/2023).

Lebih lanjut, dia mengatakan diabetes juga menjadi penyakit yang harus diperhatikan sebab dari tahun ke tahun terus terjadi kenaikan.

"Karena terlambat ditangani, sehingga sering ditemukan pada tahap lanjut atau sudah disertai dengan komplikasi," katanya.

Pemkab dalam hal ini dinas kesehatan melakukan beberapa upaya dalam penanganan untuk menekan kasus.

"Upaya promotifnya melalui penyuluhan germas atau geraka  masyarakat, upaya preventif penerapan germasnya serta screening  kesehatan  dan upaya kuratifnya pengobatan terkait masing2-masing jenis penyakit. Serta untuk pengobatan semua di FKTP milik pemerintah gratis melalui program JKMBT," katanya.


Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Inilah 10 Penyakit Dominan Terjadi di Bangka Tengah, Dinkes Lakukan Upaya Ini Tekan Kenaikan Kasus, https://bangka.tribunnews.com/2023/12/06/inilah-10-penyakit-dominan-terjadi-di-bangka-tengah-dinkes-lakukan-upaya-initekan-kenaikan-kasus.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm