Aki mobil(Dicky Aditya Wijaya)
Aki mobil(Dicky Aditya Wijaya) ( KOMPAS.COM)

Mobil Mau Ditinggal Lama, Lakukan Ini supaya Kondisi Aki Tidak Soak

6 Desember 2023 17:08 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Sejumlah pengguna mungkin pernah menjumpai situasi merepotkan, yang mengharuskan mobil ditinggal dalam jangka waktu tidak menentu.

Bila mengalami situasi semacam ini, ada beberapa anjuran bermanfaat yang bisa dilakukan oleh pengguna supaya kondisi mobil tetap terjaga dan kerusakan bisa diminimalisasi.

Salah satu komponen yang sangat mudah rusak jika ditinggal lama adalah aki mobil. Menyiasati hal ini, ada satu langkah mudah, cukup dengan mencabut kabel konektor aki.

Noval Al-Hudah, teknisi Mitsubishi Prabu Pendawa Motor, menjelaskan, aki yang kondisinya masih tersambung dengan konektor akan terus-menerus menyalurkan daya listrik meskipun jumlahnya kecil.

“Lama-kelamaan bisa terkuras, sampai aki bocor. Kalau drop kelamaan dan enggak segera di-jumpstart, jadinya aki soak,” ucapnya kepada Kompas.com, Senin (4/12/2023).

Aki yang sudah dilepas dari konektor juga tidak perlu dipindahkan, dan bisa tetap disimpan di area kompartemen mesin. Arus listrik tidak lagi mengalir, jadi tidak perlu mengkhawatirkan bahaya soak.

Akan tetapi, ada poin yang harus diperhatikan terkait pemasangan kembali aki setelah lama ditinggal. Sebaiknya, pengguna tetap melakukan jumpstart.

“Buat amannya di-jumpstart dulu supaya arus listriknya normal lagi. Enggak perlu beli aki baru, dicoba dulu yang lama,” ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mobil Mau Ditinggal Lama, Lakukan Ini supaya Aki Tidak Soak", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/12/06/091200315/mobil-mau-ditinggal-lama-lakukan-ini-supaya-aki-tidak-soak.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm