Mengerem sepeda motor ada teorinya.(mpm-motor.co.id)
Mengerem sepeda motor ada teorinya.(mpm-motor.co.id) ( KOMPAS.COM)

Teknik Mengerem Untuk Motor Matik, Pakai Empat Jari biar Pakem

7 Desember 2023 17:36 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Karakter motor matik kerap dianggap paling gampang dikendarai bagi pengendara baru, karena tinggal gas dan rem saja.

Namun, mengendarai motor matik sejatinya tidak bisa sembarangan, mengerem saja ada tekniknya. Hal ini dilakukan demi keamanan pengendara dan juga orang lain, karena bisa menghindari celaka.

Salah satu contoh cara mengerem motor matik yang salah bisa dilihat pada video yang diunggah akun dashcamindonesia di Instagram. Pada video tersebut, ada ibu-ibu yang terlambat mengerem sampai tabrak mobil di depannya.

Kalau diperhatikan pada videonya, ibu tadi cuma mengandalkan satu jari buat menarik tuas rem. Alhasil pengereman jadi kurang kuat dan menabrak mobil di depan.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani menjelaskan, pengereman dengan satu jari saja tidak maksimal. Cara yang benar saat mengerem adalah sambil menutup gas dan menggunakan empat jari.

"Menggunakan empat jari untuk pengereman biar maksimal. Jadi pengoperasian dalam melakukan pengereman sangat penting karena berpengaruh terhadap jarak berhenti motor," kata Agus kepada Kompas.com, Rabu (6/12/2023).

Ketika mengerem pakai empat jari, maka tangan refleks melepas putaran gas karena mau menarik rem. Beda dengan satu jari, cenderung pegangan masih kuat di gas, sehingga pengereman kurang maksimal.

Tips lainnya adalah memprediksi pengguna jalan lain dengan cara jaga jarak. Kalau jarak sudah pas, pengendara konsentrasi dan, pengereman tekniknya benar, maka tabrakan seperti di video bisa dihindari.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Teknik Mengerem Motor Matik, Pakai Empat Jari biar Pakem", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/12/07/064200015/teknik-mengerem-motor-matik-pakai-empat-jari-biar-pakem.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm