TKDN Motor Listrik Honda EM1 e: Sudah Tembus 40 Persen
TKDN Motor Listrik Honda EM1 e: Sudah Tembus 40 Persen ( KOMPAS.COM)

TKDN Untuk Motor Listrik Honda EM1 e: Sudah Tembus 40 Persen

9 Desember 2023 17:38 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Motor listrik Honda EM1 e: akhirnya memiliki sertifikat TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) yang dikeluarkan oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Dengan meluncurnya sertifikat TKDN tersebut, artinya motor listrik Honda EM1 e: berhak memperoleh subsidi sebesar Rp 7 juta dari pemerintah.

Seperti diketahui, untuk mendapatkan potongan harga Rp 7 juta, motor listrik harus memenuhi TKDN minimal 40 persen.

Dilansir dari laman resmi Kemenperin, dua tipe motor listrik Honda, yaitu Honda EM1 e: Plus dan EM1 e: diketahui telah memiliki nilai TKDN masing-masing 40,53 persen dan 40,56 persen.

Menanggapi kemunculan sertifikat TKDN ini, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) Octavianus Dwi Putro, mengatakan, pihaknya memang telah mengajukan proses untuk mendapatkan sertifikat TKDN.

“Iya betul informasi tersebut,” ujar Octa kepada Kompas.com, Jumat (8/12/2023).

Sejauh ini informasi soal harga masih mengacu pada pernyataan AHM yang diumumkan pertama kali saat GIIAS 2023, di mana motor listrik mau dijual di kisaran Rp 40 juta hingga Rp 45 juta.

Setelah dipotong subsidi, maka diperkirakan motor listrik Honda bakal dijual di rentang harga Rp 33 juta hingga Rp 38 juta.

Namun demikian, kepastian harga Honda EM1 e: masih harus menunggu kemunculannya di situs Sisapira atau Sistem Informasi Bantuan Pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Roda Dua, yang menjadi basis penyaluran subsidi motor listrik.

“Kami segera proses di sistem Sisapira. Bisa menjadi acuan nantinya,” kata Octa.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "TKDN Motor Listrik Honda EM1 e: Sudah Tembus 40 Persen", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/12/09/084200215/tkdn-motor-listrik-honda-em1-e--sudah-tembus-40-persen.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm