Koalisi Rakyat untuk Keadilan Iklim (KORAL) Babel.
Koalisi Rakyat untuk Keadilan Iklim (KORAL) Babel. ( istimewa)

Krisis Iklim Mengancam Babel, Koral Babel Lakukan Aksi Long March

10 Desember 2023 08:39 WIB

SonoraBangka.id - Diketahui, Koalisi Rakyat untuk Keadilan Iklim (KORAL) Babel menggelar long march guna menyuarakan keadilan iklim, pada Sabtu (09/12/2023).

Koalisi yang terdiri dari Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) dan sejumlah organisasi mahasiswa berangkat dari Titik Nol Pangkalpinang sekitar pukul 14.00 WIB. 

Aksi long march dimulai melalui Simpang Lampu Merah Ramayana, Simpang Lampu Merah Mentok, Simpang Tujuh hingga kembali lagi ke Titik Nol Pangkalpinang.

Orasi, yel-yel "What Do We Want, Climate Justice" " When Do We Want It, Now" digemakan oleh massa aksi sepanjang long march. Tak lupa, mereka membawa sejumlah poster dan spanduk, “Wujudkan Transisi Energi Terbarukan dan Berkeadilan”  "Bangka Belitung Menolak PLTN" Pula, tulisan-tulisan bernada protes lainnya.

Aksi ini ditujukan untuk menekan pemerintah mengambil langkah dan solusi konkret berwawasan lingkungan.

Industri ekstraktif dan perdagangan karbon dalam kerangka pasar bukanlah solusi,” jelas Badar, perwakilan Walhi.

Selain itu, aksi yang dilakukan ini dalam rangka merespon COP 28 ini dilakukan secara serentak dalam skala global dengan tema " Global Day Of Action for Climate Justice". 

Aksi ini bertujuan untuk menuntut para pimpinan yang hadir dalam COP 28 untuk serius dalam upaya-upaya mitigasi krisis iklim, lanjutnya.

Sesampai di Titik Nol, massa aksi melanjutkan orasi-orasi oleh beberapa peserta rombongan aksi. 

Berbicara iklim artinya kita berbicara nasib masa depan bumi dan nasib anak cucu kita nanti. Maka permasalahan iklim adalah masalah kita bersama yang harus kita respon dan sikapi dengan serius ” lantang Alam, salah satu orator.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm