Max Verstappen saat berlaga pada GP Jepang dan mengunci gelar juara dunia Formula 1 (F1) 2022(Dok. Red Bull Racing)
Max Verstappen saat berlaga pada GP Jepang dan mengunci gelar juara dunia Formula 1 (F1) 2022(Dok. Red Bull Racing) ( KOMPAS.COM)

Formula 1 Lirik Teknologi Tenaga Hidrogen untuk Ajang Balap

10 Desember 2023 21:35 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Formula 1 (F1) bersama FIA dan Extreme H mulai mempelajari dan eksplorasi potensi mesin hidrogen untuk digunakan di ajang balap internasional. Ketiganya, membentuk divisi khusus bernama Hydrogen Working Group.

Dilansir Carscoops, Sabtu (9/12/2023), pengumuman ini tidak lantas membuat F1 akan menjad seri balap roda empat bertenaga hidrogen.

Tetapi, mereka sedang menjajaki potensi apakah teknologi ramah lingkungan terkait bisa diterapkan atau tidak.

"Kami melakukannya dengan pikiran terbuka terhadap semua solusi dengan merangkul rekayasa lintas fungsi," kata Kepala Teknisi F1 Pat Symonds.

Eksplorasi teknologi hidrogen ini dilakukan dengan bantuan dari pihak seri balap Extreme H yang dijalankan Alejandro Agag. Di mana, ajang offroad listrik yang sudah mereka jalankan bakal melakukan transisi ke tenaga hidrogen baru di 2025 mendatang.

"Saat ini mereka bertaruh pada bahan bakar sintetis dan itu tidak masalah. Tetapi hidrogen akan menjadi salah satu teknologi masa depan, yang merupakan bagian dari persamaan ini. Jadi mengapa kita tidak mengawasinya?" ujar Agag.

Adapun F1 saat ini tengah meningkatkan penggunaan bahan bakar sintetis pada mobil balapnya.

Mereka bekerja sama dengan produsen seperti Porsche, yang percaya bahwa teknologi tersebut akan memungkinkan mesin pembakaran internal yang lebih ramah lingkungan.

Diketahui, hidrogen memiliki emisi yang lebih sedikit dibanding mesin tradisional, tapi pembuatannya memerlukan banyak energi dan dapat menghasilkan polusi bila permintaannya meningkat drastis.

Oleh karena itu, para peneliti menyarankan agar energi tersebut lebih baik digunakan pada industri yang tidak mudah dialiri listrik seperti angkutan truk jarak jauh, pelayaran, dan aeronautika, daripada kendaraan penumpang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Formula 1 Lirik Teknologi Hidrogen untuk Ajang Balap", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/12/10/112100315/formula-1-lirik-teknologi-hidrogen-untuk-ajang-balap.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm