Ilustrasi kecelakaan, ilustrasi tabrakan(SHUTTERSTOCK)
Ilustrasi kecelakaan, ilustrasi tabrakan(SHUTTERSTOCK) ( KOMPAS.COM)

Pengendara yang Mengalami Kecelakaan Lalin Rata-rata Tanpa Memiliki SIM

11 Desember 2023 18:41 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Korlantas Polri mencatat lebih dari 30 persen pelaku kecelakaan lalu lintas ternyata tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

Data tersebut merupakan akumulatif dari kasus kecelakaan yang dicatat IRSMS Korlantas Polri sepanjang Oktober 2023 di wilayah Surabaya. Di mana, jumlah kasusnya mencapai 121 kecelakaan lalu lintas, naik 3 persen dari bulan lalu.

Dari jumlah kejadian itu, sebanyak 37 pelaku terlibat kecelakaan lalu lintas tidak bisa menunjukkan SIM.

"Alasannya bisa saja karena pelaku tak memiliki SIM, tidak membawa SIM, atau belum cukup umur untuk mengantongi SIM," kata Kasatlantas Polrestabes Surabaya AKBP Arif Fazlurrahman disitat pusiknas.polri.go.id, Minggu (1O/12/2023).

"Bisa dikatakan bahwa 31 persen dari pelaku yang terlibat 121 kecelakaan lalu lintas di Surabaya itu tak mengantongi SIM saat kejadian," lanjut dia.

Walau begitu, jumlah ini menurun apabila dibanding dengan September 2023. Sementara tingkat kecelakaan di September 2023 capai 117 kejadian dengan pelaku yang tidak membawa SIM 44 orang atau 37,6 persen.

Kondisi yang sama terjadi saat pihak Patlantas Polrestabes Surabaya, Jawa Timur melakukan razia. Di mana, dari 30 pengendara yang ditilang, 80 persennya tak mampu menunjukkan SIM.

Kepemilikan SIM sendiri telah diatur dalam Pasal 18 ayat (1) Undang Undang Nomor 14 Tahun 1992 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Setiap pengemudi kendaraan bermotor wajib memiliki SIM yang merupakan bukti dari Polri kepada warga yang dianggap memenuhi syarat untuk mengemudikan kendaraan.

"Hal ini dianggap efektif untuk mengurangi risiko kecelakaan," kata Arif.

Saat mengajukan SIM, calon pemilik harus menjalani sejumlah tes yang menyatakan dirinya layak atau tidak untuk mengendarai kendaraan bermotor, dari tes administrasi, kesehatan jasmani dan rohani, pemahaman peraturan berlalu lintas, serta keterampilan mengemudikan kendaraan bermotor.

Direktur Regident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus mengatakan risiko seseorang mengendarai kendaraan cukup tinggi lantaran itu pengendara harus memiliki kompetensi baik.

“Kondisi kesehatan fisik dan mental seseorang itu berubah setiap tahun. Kondisi usia memengaruhi kesehatan fisik dan mental seseorang. Maka dari itu, uji kompetensi SIM harus dilakukan secara berkala (5 tahun sekali),” ujar dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pengendara yang Mengalami Kecelakaan Lalin Rata-rata Tanpa SIM", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/12/11/070200215/pengendara-yang-mengalami-kecelakaan-lalin-rata-rata-tanpa-sim.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm