Ketua Bawaslu Provinsi Bangka Belitung (Babel), EM Osykar.
Ketua Bawaslu Provinsi Bangka Belitung (Babel), EM Osykar. ( Bangkapos.com/Cici Nasya Nita )

Untuk Hindari Kecurangan Pemilu 2024, Bawaslu Bangka Belitung Tak Bisa Sendiri

12 Desember 2023 10:44 WIB

SonoraBangka.id - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), EM Osykar meminta semua pihak untuk bekerjasama dalam mengawasi pesta demokrasi yang diselenggarakan lima tahun sekali di Indonesia.

Terutama mengantisipasi terjadinya kecurangan dalam pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

"Kami sangat berterimakasih dengan semua pihak,apalagi dalam pelaksanaan tahapan kampanye ini kami sudah dibantu oleh pihak kepolisian dalam mengamankan semua tahapan. Kami juga turun langsung bersama tim,pada saat kampanye yang dilakukan oleh peserta pemilu yang melakukan tahapan kampanye,” kata Osykar, Minggu (10/12/2023) malam.

Ditegaskan Oskar bahwa pihaknya sampai saat ini belum menerima adanya laporan kecurangan yang dilakukan peserta pemilu. Namun pada awal tahapan kampanye, ada ditemukan kampanye yang tidak memiliki izin dan kampanye tersebut tidak boleh dilaksanakan.

“Belum ada laporan, tapipada saat pertama kali tahapan kampanye peserta belum paham dan sekarang sudah diperbaiki karena setiap kampanye harus ada izin, peserta pemilu pun mengerti dan menerima terkait larangan kampanye itu hingga kampanyenya berubah menjadi sosialisasi dan tidak ada unsur kam-panye,” ujarnya.

Ditambahkan dia, menjelang masa tenang atau mendekati hari pencoblosan bawaslu akan melaksanakan patroli secara rutin terus menerus mengatisipasi terjadinya kecurangan dan pengawasan dari awal hingga akhir tidak ada perbedaan.

“Pengawasan dari awal sampai hari pencoblosan nanti, kami semangatnya tetap sama dan mungkin kami akanl lebih intens dalam melakukan pengawasan di masa tenang dan pada saat menjelang pencoblosan nanti karena sebelum masa tenang berlangsung jadwal kampanye akanlebih padat dari sekarang ini,”tambahnya.

Selain itu dirinya pun berharap peran serta semua pihak, agar bersama-sama dalam mengawasi pelaksanaan pemilu ini nanti mengan-tisipasi terjadinya kecurangan dan Bawaslu menerima laporan ataupun pengaduan masyarakat terkait kecura-ngan pada saat pelaksanaanpemilu 2024.

“Iya, kami sangat mengharapkan peran serta semua pihak untuk bersama-sama dalam mengawasi pemilu 2024 ini supaya tingkat kecurangan tidak terjadi dan bisa berjalan dengan lancar hingga kondusif,” harap Osykar. 

“Kami Bawaslu tidak bisa bekerja sendiri tanpa ada dukungan semua pihak, apalagi pesta demokrasi ini diseleng-garakan selama lima tahunsekali dan harus berjalan sesuai rencana dan harapan kita semua,” ujarnya.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm