Ilustrasi Aparatur Sipil Negara (ASN). Pemerintah mengizinkan ASN cuti di akhir tahun.
Ilustrasi Aparatur Sipil Negara (ASN). Pemerintah mengizinkan ASN cuti di akhir tahun. ( KOMPAS.com)

Tak Ada Libur Tambahan, ASN Boleh Ambil Cuti di Akhir Tahun

14 Desember 2023 17:25 WIB

SonoraBangka.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas mengizinkan para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mengambil cuti selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

Azwar mengatakan, dirinya sudah berkoordinasi dengan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dan kementerian lainnya terkait cuti ASN selama akhir tahun.

"Ini memang secara umum tidak ada libur nasional baru. Tapi untuk ASN boleh ambil cuti," kata Azwar usai acara ASN Culture 2023 di Jakarta, Kamis (14/12/2023).

Azwar mengatakan, meski ASN diperbolehkan cuti, pihaknya memastikan pelayanan kepada masyarakat tidak terganggu.

"Jadi setiap pimpinan di atasnya boleh mengizinkan ASN untuk cuti di Natal dan Tahun Baru terutama untuk bagi mereka yang merayakan, teman-teman nasrani, ini boleh. Tetapi harapan kami nanti bisa dorong pelayanan publik tetap jalan," ujarnya.

"Sehingga untuk teman-teman yang tidak cuti bisa dioptimalkan," sambungnya.

Lebih lanjut, Azwar mengingatkan agar ASN yang mengambil cuti libur Nataru tak menggunakan kendaraan dinas saat melakukan perjalanan.

"Jangan pakai kendaraan dinas," ucap dia.

Sebelumnya, pemerintah memprediksi jumlah pemudik saat momentum libur Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 akan meningkat sebesar 43 persen di banding tahun lalu.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, kemungkinan akan ada 107 juta warga yang mudik di akhir tahun ini.

"Riset ini dilakukan oleh kami dan beberapa lembaga yang kredibel sehingga mengahasilkan suatu survei yang naik 43 persen dari tahun yang lalu, yaitu 107 juta," kata Budi Karya usai mengikuti Rapat Koordinasi Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (7/12/2023).

Menurut Budi, beberapa tempat yang mengalami peningkatan pemudik di antaranya Daerah Istimewa Yogyakarta dan Bali.

Dia juga menyebut bahwa puncak arus mudik dan arus balik kemungkinan akan terjadi dua hari sebelum maupun sesudah libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tak Ada Libur Tambahan, ASN Boleh Ambil Cuti di Akhir Tahun", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/12/14/145455426/tak-ada-libur-tambahan-asn-boleh-ambil-cuti-di-akhir-tahun.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm