Mobil listrik Honda e(Dok. HPM)
Mobil listrik Honda e(Dok. HPM) ( KOMPAS.COM)

Honda e Disuntik Mati pada Januari 2024, Harga Tinggi Penjualan Rendah

14 Desember 2023 19:46 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Honda e merupakan salah satu mobil listrik andalan Honda, baik di Jepang maupun pasar Eropa. Setelah kurang dari empat tahun mengaspal, mobil listrik ini akhirnya akan disuntik mati.

Dikutip dari Drive.com.au, Rabu (13/12/2023), Honda e akan dihentikan produksinya karena rendahnya penjualan. Tapi, belum diketahui apakah Honda memiliki rencana untuk menghadirkan generasi penerus.

Honda e diperkenalkan pada 2020 untuk menyasar pasar berkembang untuk mobil listrik perkotaan, seperti Jepang dan Eropa. Desainnya kental dengan gaya retro, tapi fitur dan teknologinya tetap yang terkini.

Mobil listrik ini dipasarkan mulai 35.000 euro atau sekitar Rp 591 jutaan. Jarak tempuhnya tidak jauh, cuma 200 Km hingga 220 Km, karena peruntukannya lebih kepada berkendara di perkotaan. Kapasitas baterainya juga tidak besar, yakni 35,5 kWh.

Versi terakhirnya hadir dengan dimensi yang lebih besar. Jarak tempuhnya juga bertambah jauh. Sedangkan harganya, dibanderol 40.000 euro atau sekitar Rp 676 jutaan.

Penjualannya pada dua tahun pertama, 2021 dan 2022, hanya mencapai 5.500 unit di Eropa. Padahal, Honda e awalnya ditargetkan bisa terjual sebanyak 10.000 unit per tahun.

Pemesanan untuk mobil ini di Eropa dan Inggris telah ditutup, sementara situs Honda Jepang menyatakan bahwa produksi Honda e akan berakhir pada Januari 2024 dan Honda e akan didiskontinu setelah produksinya terjual habis.

Honda menyebutkan tidak memiliki rencana untuk menghadirkan generasi kedua. Kabarnya, Honda akan lebih fokus untuk mengembangkan SUV listrik yang lebih populer belakangan ini.

"Tidak akan ada lagi mobil seukuran Honda e. Saya dapat mengatakannya dengan yakin," kata Rebecca Adamson, bos divisi mobil Honda Inggris.

"Permintaan pasar di Inggris adalah sektor SUV, jadi itulah mengapa fokusnya ada di sana. Ini adalah jajaran produk yang dipimpin oleh pasar. Selama pasarnya seperti itu, kami akan terus menjadi produsen SUV," kata Rebecca.

PT Honda Prospect Motor (HPM) juga sempat menghadirkan Honda e di Indonesia. Namun, mobil listrik ini digunakan hanya untuk keperluan riset dan tidak ada rencana untuk dijual.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Honda e Disuntik Mati Januari 2024, Harga Tinggi Penjualan Rendah", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/12/14/094200615/honda-e-disuntik-mati-januari-2024-harga-tinggi-penjualan-rendah.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm