Vivo TWS 3e
Vivo TWS 3e ( Vivo)

Earphone Wireless Vivo TWS 3e Meluncur dengan Fitur ANC, Harga Rp 300.000-an

15 Desember 2023 14:14 WIB

SonoraBangka.ID - Perusahaan pembuat smartphone, Vivo, merilis earphone True Wireless Stereo (TWS) terbarunya yakni Vivo TWS 3e. Perangkat ini dirilis bersamaan dengan ponsel Vivo S18 series di China, Kamis (14/12/2023). 

Vivo TWS 3e merupakan suksesor dari TWS 2e yang rilis tahun 2021. Bila dibandingkan dengan pendahulunya, Vivo TWS 3e membawa beberapa peningkatan.

Salah satu peningkatan utamanya yaitu daya tahan yang lebih lama dibanding pendahulunya. Menurut Vivo, TWS 3e bisa dipakai sampai 9 jam dengan fitur Active Noise Cancelation (ANC) aktif. Di Vivo TWS 2e, daya tahannya hanya sampai 7,6 jam.

Fitur ANC di Vivo TWS 3e berfungsi untuk meredam suara bising dari lingkungan sekitar pengguna. Sehingga audio dari earphone seperti musik atau suara lawan bicara di telepon terdengar lebih jelas. Di Vivo TWS 2e, fitur ANC ini masih absen.

Adapun desain keduanya terbilang persis, baik untuk earphone maupun charging case-nya.

Spesifikasi Vivo TWS 3e

Vivo TWS 2e ditenagai oleh driver 11 mm dan didukung Bluetooth 5.3. Ada pula dukungan 3D panoramic sound mode guna menunjang fitur audio spasial, yaitu audio yang terdengar seperti di bioskop.

Kehadiran fitur ANC membuat audio dari earphone akan lebih jelas terdengar. Selain itu, TWS ini menawarkan mode latensi 55 ms agar audio konten terdengar nyaris tanpa jeda, khususnya saat bermain game.

Ada pula fitur Find My Earbuds untuk menemukan aksesori ketika di luar jangkauan pengguna.

Untuk daya tahannya, Vivo TWS 3e menawarkan daya tahan sampai 11 jam tanpa ANC aktif, untuk sekali isi ulang daya. Adapun charging case-nya bisa mengisi ulang daya earphone sampai empat kali.

Jadi, total daya tahan yang ditawarkan earphone ini sampai 44 jam tanpa ANC atau 36 jam dengan ANC aktif.

Vivo juga menyematkan fitur lainnya pada TWS 3e, yakni dukungan multi-point pairing hingga ke dua perangkat. Artinya, pengguna bisa menyambungkan Vivo TWS 3e ke dua perangkat berbeda sekaligus.

TWS ini memiliki bobot masing-masing earphone 4,4 gram. Sedangkan bobot charging case termasuk kedua earphone-nya mencapai 43 gram.

Vivo TWS 3e hadir dalam dua opsi warna, yaitu dark blue dan white. Aksesori ini baru tersedia di China seharga 180 yuan atau setara sekitar Rp 393.000, dihimpun dari GSM Arena, Jumat (15/12/2023).

Belum diketahui apakah Vivo TWS 3e akan tersedia di pasar global termasuk Indonesia atau tidak. Bila mengacu ketersediaan TWS 2e di Indonesia, maka ada kemungkinan suksesornya ini juga rilis di Tanah Air.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Earphone Wireless Vivo TWS 3e Meluncur dengan Fitur ANC, Harga Rp 300.000-an", Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2023/12/15/11030017/earphone-wireless-vivo-tws-3e-meluncur-dengan-fitur-anc-harga-rp-300.000-an.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm