Ilustrasi beras.
Ilustrasi beras. ( PEXELS)

Bulog Pastikan Stok Beras Aman untuk Nataru, Cadangan Tersimpan 1,4 Juta Ton

15 Desember 2023 14:31 WIB

SonoraBangka.ID - Perum Bulog memastikan stok beras aman untuk persiapan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Hal itu lantaran Perum Bulog sudah menyimpan Cadangan Beras Pemerintah sebanyak 1,4 juta ton.

"Stok yang sudah dikuasai Bulog saat ini ada sebanyak 1,4 juta ton sehingga stok beras untuk perayaan Nataru 2023-2024 aman," ujar Manager Humas dan Kelembagaan Perum Bulog Tomi Wijaya kepada media di Jakarta, Jumat (15/12/2023).

Lebih lanjut Tomi mengatakan, stok CBP yang saat ini ada di gudang Bulog masih akan bertambah seiring masuknya beras impor yang ditugaskan oleh Badan Pangan Nasional ke pada Bulog.

Adapun Perum Bulog mendapatkan penugasan untuk mengimpor beras sebanyak 1,5 juta ton untuk yang merupakan tambahan dari sebelumnya sebanyak 2 juta ton.

Tomy bilang dari penugasan 1,5 juta ton itu,  sebanyak 1 juta ton beras sudah berhasil dikontrak dan akan mulai masuk di tahap awal pada awal tahun 2024.

"Saat ini kita sudah kontrak dengan beberapa negara yang produksinya mash banyak yaitu Thailand, Vietnam, Pakistan, Myanmar dan Kamboja. Selanjutnya kita juga akan menjajaki dengan India maupun negara lainnya yang memungkinkan dan memenuhi persyaratan," beber Tomi.

Tomi juga mengatakan, pemerintah melalui Bapanas menugaskan Bulog untuk melaksanakan 2 instrumen utama untuk mengantisipasi gejolak harga beras di Tanah Air melalui program Bantuan Pangan dan Operasi Pasar atau Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) dan penyaluran Bansos Pangan.

"Masyarakat tidak perlu khawatir, pemerintah melalui Bulog sudah menggelontorkan beras operasi pasar atau Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) di seluruh Indonesia dengan jumlah total per kemarin (14/12/2023) sebanyak 1,1 juta ton dan kegiatan ini juga terus berlanjut digelontorkan sampai harga stabil," kata Tomi.

Sementara ihwal bansos pangan, pemerintah pun berencana akan memperpanjang bansos pangan sampai dengan bulan Maret 2024 dan akan memperhatikan lagi APBN untuk menambah sampai dengan Juni 2024.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bulog Pastikan Stok Beras Aman untuk Nataru, Cadangan Tersimpan 1,4 Juta Ton", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/12/15/121116326/bulog-pastikan-stok-beras-aman-untuk-nataru-cadangan-tersimpan-14-juta-ton?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm