KWT Salah Satu Bentuk Peran Wanita Dalam Pengendalian Inflasi
KWT Salah Satu Bentuk Peran Wanita Dalam Pengendalian Inflasi ( BI Babel)

KWT Salah Satu Bentuk Peran Wanita Dalam Pengendalian Inflasi

16 Desember 2023 11:49 WIB

SONORABANGKA.ID - Dua Kelompok Wanita Tani (KWT) hasil sinergitas KPw Bank Indonesia Bangka Belitung dan Pemerintah Kota Pangkalpinang kembali panen sayuran (a.I sawi dan selada), menyusul panen 8 kelompok tani di beberapa kabupaten. Diharapkan KWT menjadi salah satu bentuk dukungan masyarakat dalam pengendalian inflasi Babel melalui peningkatan pasokan sayuran untuk keluarga.

Panen di dua KWT terselenggara pada tanggal 8 dan 14 Desember 2023 tepatnya di KWT Sinar Bulan dan KWT Bukit Besar. Hasil panen berupa 42 kg sawi dan 5,5 kg selada. Dua KWT ini merupakan bagian dari Program Kelurahan Tangpap Inflasi yang dicanangkan pada 13 Maret 2023 serta merupakan bentuk sinergitas antara KPw BI Babel dengan Pemerintah Kota Pangkalpinang dalam memperkuat program pengendalian inflasi.

Panen sayuran di dua KWT ini diperkirakan akan berlangsung sampai dengan Januari 2024. Sebelumnya, berdasarkan pemantauan Bank Indonesia, telah terdapat 8 kelompok tani yang telah panen cabai yang secara total mencapai 47,2 ton. Panen di KWT dan kelompok tani tersebut diharapkan dapat menambah pasokan cabai dan sayuran di tengah meningkatnya harga cabai dan inflasi Bangka Belitung.

Implementasi program ketahanan pangan yang dipagas Bank Indonesia juga telah melibatkan pondok pesantren. Program ini sekaligus mendorong kemandirian ekonomi pesantren dengan dukungan sumber daya santri yang potensial. Sampai dengan saat ini di Bangka Belitung terdapat 8 pondok pesantren yang ikut serta menyukseskan program tersebut bersinergi dengan Bank Indonesia. Sejak tahun 2023, ke 8 pondok pesantren tersebut telah menghasilkan produksi panen sebanyak 7.09 ton yang terdiri dari 6.19 ton cabai, 310 kg lele, 310 kg sawi, 20 kg pokcoy dan 40 kg ikan nila. Pondok pesantren Madinatul Ilmi di Bangka Barat, merupakan salah satu pondok pesantren yang menjalankan usaha pertanian terintegrasi (integrated farming). Di Pesantren Madinatul Ilmi, terdapat budidaya cabai, hortikultura, bebek, dan ikan lele. Pada Kamis (14/12), Pondok Pesantren Madinatul Ilmi panen ikan lele sebanyak 35 kg.

Program penpendalian inflasi akan terus diperkuat melalui Program Gerakan Nasional Penpendalian Inflasi Pangan (GNPIP). Dalam pelaksanaan program ini, Bank Indonesia bersinergi dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), Pemerintah Daerah, dan berbapai elemen masyarakat untuk menjapa anpka inflasi tahun 2023 tetap berada dalam sasaran target nasional yaitu sebesar 3+/-1%.

PenulisZulhaidir
EditorZulhaidir
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm