Siram Air Panas ke Aki Setelah Motor Dipakai Melibas Banjir
Siram Air Panas ke Aki Setelah Motor Dipakai Melibas Banjir ( KOMPAS.COM)

Siram Air Panas ke Aki Setelah Motor Dipakai Untuk Melibas Banjir

16 Desember 2023 16:26 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pengendara motor punya peluang untuk melintasi banjir, asalkan teknik berkendara sesuai dan perawatan tetap dijaga, bahaya kerusakan bisa diminimalisir.

Satu langkah penanganan yang sangat dianjurkan adalah seputar komponen aki motor. Ternyata, ada perawatan khusus setelah terkena banjir.

Untuk diketahui, motor-motor lansiran terbaru khususnya berjenis skutik, biasanya memiliki kompartemen aki di area footstep, tepat di bagian kaki pengendara.

Sisi positif dari konfigurasi ini memang memperluas area bagasi, tapi aki jadi berisiko basah terkena air, khususnya saat terjadi banjir.

Fajar Ahmadi, Technical Support Manager Motobatt Indonesia, menjelaskan, Aki motor sebetulnya aman-aman saja saat terkena banjir. Pengendara tidak perlu mengkhawatirkan risiko korsleting atau arus pendek.

“Kalau di motor, aki enggak akan semudah itu korsleting. Tegangannya rendah,” ucapnya kepada Kompas.com, Selasa (12/12/2023).

Namun perlu diketahui, banjir tetap bisa memunculkan gejala-gejala kerusakan pada aki. Bila tidak segera ditangani, bisa menyebabkan soak.

Gejala yang dimaksud berupa munculnya jamur abrasif di pelat bagian atas aki. Tampilannya berbintik, seperti jamur-jamur pada umumnya.

“Jamur ini bikin tegangannya drop, kalau dibiarkan lama-lama bisa bikin aki soak. Harus diangkat,” ucap Fajar.

Cara untuk menghilangkannya ternyata mudah, pengguna cukup melepas aki dari kompartemen motor, kemudian menyiram dengan air panas.

Saat menyiram, pastikan aki dalam posisi tertidur dan hanya menyiram sisi pelat bagian atas saja, alias satu pertiga ukuran aki. Langkah ini terbukti efektif untuk membasmi jamur abrasif.

“Aki memang bisa disiram air panas, ini bukan ilmu ngakalin ya. Memang ada anjurannya kok,” ucap Fajar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Siram Air Panas ke Aki Setelah Motor Dipakai Melibas Banjir", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/12/16/074200415/siram-air-panas-ke-aki-setelah-motor-dipakai-melibas-banjir.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm