Toilet bus GHTS(Instagram @adiputro_official)
Toilet bus GHTS(Instagram @adiputro_official) ( KOMPAS.COM)

Alasan Kenapa Untuk Toilet Bus Bisa Digunakan Hanya Saat Jalan

16 Desember 2023 17:03 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Toilet sudah menjadi fasilitas wajib untuk bus antarkota antarprovinsi (AKAP), khususnya kelas eksekutif. Hampir semua perusahaan otobus (PO) menyediakan toilet untuk buang air kecil.

Tapi, ada yang unik dengan toilet bus pada bus AKAP. Hampir semua PO bus memberlakukan aturan bahwa toilet hanya boleh digunakan saat kondisi bus melaju.

Lantas, apa alasan yang mendasari aturan tersebut. Simak penjelasannya sebagai berikut!

Fadli, Pramugara bus PO Rosalia Indah, mengatakan, aturan toilet bus hanya dapat digunakan untuk buang air kecil (BAK) dan saat kondisi bus melaju.

“Desain toilet bus memang seperti itu, saluran pembuangannya langsung menembus luar atau dibuang langsung ke jalan lewat dek bawah,” ucap Fadli kepada Kompas.com, Jumat (15/12/2023).

Fadli mengatakan selalu mengingatkan penumpang untuk tidak menggunakan toilet saat bus berhenti karena sudah menjadi standar operasional atau tugasnya. Selain itu, di pintu toilet juga tertera aturan tersebut.

“Jika tidak maka kotoran akan tertinggal di bawah bus ketika sudah meninggalkan lokasi tersebut, sedangkan jika terbuang di jalan akan lebih aman karena tidak ada pihak yang terganggu,” ucap Fadli.

Alasan ruang yang terbatas juga menjadi pertimbangan kenapa tidak tersedia bak penampungan untuk toilet.

“Bus double decker seperti ini banyak yang dipangkas guna menyediakan ruang untuk penumpang, mulai dari bagasi yang lebih kecil, tangki BBM lebih kecil sehingga tidak mungkin menambahkan tampungan untuk toilet,” ucap Fadli.

Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro, mengatakan, umumnya sistem pembuangan toilet bus biasanya langsung ke jalan raya.

“Ada juga yang pakai septic tank, tapi standarnya tidak ada. PO bus sekarang kebanyakan minta langsung ke bawah, jika pakai septic tank baunya bisa masuk ke kabin,” kata Yohan kepada Kompas.com, belum lama ini.

Itu sebabnya, toilet hanya boleh digunakan saat bus sedang malaju dan hanya untuk buang air kecil.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Alasan Kenapa Toilet Bus Bisa Digunakan Hanya Saat Jalan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/12/16/100200315/alasan-kenapa-toilet-bus-bisa-digunakan-hanya-saat-jalan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm