Test Drive Mitsubishi XForce di Solo(dok.MMKSI)
Test Drive Mitsubishi XForce di Solo(dok.MMKSI) ( kompas.com)

Mitsubishi Percaya Insentif Mobil Hybrid Bisa Untuk Rangsang Pasar

16 Desember 2023 17:10 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memberikan sinyal akan mengeluarkan insentif untuk produsen yang memproduksi dan menjual mobil berteknologi hybrid di Indonesia. Akan tetapi, skemanya seperti apa masih belum jelas.

Rencana tersebut mendapatkan sambutan baik, khususnya dari produsen otomotif yang ada di Indonesia. Salah satunya, yaitu PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), di mana merek asal Jepang itu berencana merakit lokal mobil hybrid.

Atsushi Kurita, Presiden Direktur PT MMKSI mengatakan, bahwa pemberian insentif itu nantinya bisa merangsang pasar karena konsumen tergerak untuk membeli mobil hybrid.

"Kami percaya insentif untuk hybrid dapat memberikan pilihan yang lebih luas bagi konsumen dan berpotensi menstimulasi pasar dengan menarik konsumen yang sensitif terhadap kenaikan harga bahan bakar," ujar Kurita kepada KOMPAS.com belum lama ini.

Kurita mengatakan, dalam hal teknologi dan kesiapan tentunya Mitsubishi Motors sangat siap untuk mobil berteknologi hybrid. Seperti diketahui, untuk pasar ASEAN, perusahaan akan memproduksi mobil listrik dan hybrid di pabrik Mitsubishi di Indonesia dan Thailand.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, Taufiek Bawazier mengatakan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2021, baik BEV, HEV, dan Plug In Hybrid Electric Vehicle (PHEV), sudah mendapatkan insentif karena bisa menurunkan penggunaan bahan bakar minyak (BBM).

Insentif dimaksud berupa pengenaan tarif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang lebih murah karena keluaran emisinya juga sedikit. Khusus BEV, insentif tambahan diberi dengan skema pengurangan PPN 10 persen yang berlaku hingga akhir tahun ini.

"Nanti kita akan pikirkan, nanti Pak Menteri mengusulkan dia dapat skema di PPN, besarannya nanti biar Kementerian Keuangan yang menghitung. Ya paling tidak kita upaya untuk mendorong itu karena dia punya kontribusi mengurangi emisi karbon," kata dia.

Taufiek memastikan insentif yang diberikan tidak akan melebihi yang diberikan kepada mobil listrik jenis BEV karena kendaraan hybrid masih memproduksi emisi CO2.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mitsubishi Percaya Insentif Mobil Hybrid Bisa Rangsang Pasar", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/12/16/101200515/mitsubishi-percaya-insentif-mobil-hybrid-bisa-rangsang-pasar.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm