Ujian praktik SIM C1 di lintasan baru menggunakan moge Hunter Scrambler 500. Tidak lagi limbung karena pola zig-zag dan angka 8 dihapus(Kompas.com/Daafa Alhaqqy)
Ujian praktik SIM C1 di lintasan baru menggunakan moge Hunter Scrambler 500. Tidak lagi limbung karena pola zig-zag dan angka 8 dihapus(Kompas.com/Daafa Alhaqqy) ( KOMPAS.COM)

Jangan Asal Untuk Angkat Moge yang Jatuh, Bisa Kena Serangan Jantung

17 Desember 2023 20:47 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Sesuai namanya motor gede (moge) memiliki bentuk dan bobot yang besar. Saat pelan tak jarang karena gravitasi membuat motor condong ke bawah dan jatuh rebah ke aspal.

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), mengatakan mendirikan motor yang jatuh rebah terutama motor gede (moge) tidak bisa sembarangan dan butuh teknik khusus.

Tapi selain teknik khusus ada prosedur yang mesti dilakukan saat mendapati moge jatuh di tengah jalan.

"Prosedur pertama untuk mengangkat motor ialah mengamankan situasi dan lokasi, kalau ada di tengah jalan ialah pertama mengamankan dirinya jangan dari korban kedua (jangan sampai tertabrak)," ujar Jusri kepada Kompas.com, Minggu (17/12/2023).

Kedua kata Jusri, jangan panik dan buru-buru menaikkan motor yang terjatuh.

"Banyak orang di atas usia 50 tahun punya penyakit mereka terkena serangan jantung saat menaikkan motor, di motor kecil juga begitu," ujar Jusri.

Ketiga kata Jusri, mematikan mesin. Tujuannya ialah memutus arus lisrik dari risiko kebakaran. Kemudian, keempat, bila ada orang lain minta bantuan untuk mengamankan dan mengangkat motor.

"Kalau ada orang lain yang bebas, bantu menaikkan dari sisi kanan. Kalau diangkat sendiri bisa menimbulkan cedera otot," ujar Jusri.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Asal Angkat Moge yang Jatuh, Bisa Kena Serangan Jantung", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/12/17/150100015/jangan-asal-angkat-moge-yang-jatuh-bisa-kena-serangan-jantung.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm