Bus AKAP di Terminal Lebak Bulus(KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI)
Bus AKAP di Terminal Lebak Bulus(KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI) ( KOMPAS.COM)

21.679 Bus Telah Melakukan Kegiatan Uji Kelaikan Jelang Libur Nataru

18 Desember 2023 17:23 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Puluhan ribu unit bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan bus Pariwisata telah melakukan ramp check alias uji kelaikan jelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Kegiatan ramp check dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Danto Restyawan, Direktur Sarana Transportasi Jalan Kemenhub, mengatakan, ramp check dilakukan guna memastikan kelaikan kendaraan niaga demi keselamatan dan keamanan transportasi.

"Ramp check tidak hanya dilakukan menjelang angkutan Nataru saja namun pengecekan secara rutin dan mandiri dilaksanakan juga oleh PO Bus," ujar Danto, dalam keterangan tertulis Sabtu (16/12/2023).

Adapun ramp check jelang Nataru ini dimulai sejak awal November 2023 hingga mendekati libur Nataru.

Dengan demikian, jika ditemukan kekurangan minor dapat diperbaiki sebelum pelaksanaan angkutan Nataru yang akan dimulai 19 Desember mendatang.

"Sedikitnya 21.679 bus telah dilakukan pemeriksaan kelaikan," ucap Danto.

Dari jumlah tersebut, menurut Danto, sebanyak 14.321 diizinkan operasional. Sementara 4.610 armada mendapat peringatan perbaikan, adapun sebanyak kena 1.833 tilang dan dilarang operasional, serta 915 bus lainnya dilarang operasional.

Sementara itu, seluruh rangkaian ramp check dilaksanakan di tiap Terminal Tipe A yang dikelola oleh Kementerian Perhubungan.

"Kami imbau agar seluruh PO Bus baik AKAP maupun pariwisata agar seluruh armada memenuhi kelaikan sehingga dapat mengakomodir kebutuhan layanan pada angkutan Nataru," kata Danto.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm