All New Lexus RZ BEV(KOMPAS.com/STANLY RAVEL)
All New Lexus RZ BEV(KOMPAS.com/STANLY RAVEL) ( KOMPAS.COM)

Pasar BEV Semakin Ramai, Penjualan Mobil Listrik Jelang Akhir 2023 Naik

19 Desember 2023 21:29 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Wuling Air ev berhasil kembali mempertahankan posisi mobil listrik berbasis baterai atau Battery Electric Vehicle (BEV) paling laris di Indonesia jelang akhir tahun 2023, mengalahkan pesaing terdekatnya Hyundai Ioniq 5.

Menurut data penjualan dari pabrik ke diler atau wholeales yang diolah Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), kondisi tersebut seiring dengan performa yang konsisten di tengah ramainya produk elektrifikasi di pasar.

Tercatat, total penjualan Air ev pada November 2023 mencapai 779 unit, naik tipis dari satu bulan sebelumnya yaitu 776 unit.

Sementara Ioniq 5 sebagai produk kendaraan listrik pertama Hyundai yang dirakit di dalam negeri sedikit melambat dari 719 unit menjadi 725 unit. Membuatnya kembali menempati peringkat ke-2 di jajaran BEV terlaris di Indonesia sejak kuartal II/2023.

Tepat berada di bawahnya, ada BMW iX yang mencatatkan penjualan sebanyak 103 unit. Diikuti dua produk mobil listrik baru dari China, yaitu Neta V EV (100 unit) dan DFSK Seres E1 (67 unit).

Melalui data itu pula, maka Neta dan DFSK Seres dipastikan sudah masuk ke pasar nasional untuk bersaing merebut kue besar segmen BEV. Produk ini juga telah resmi diproduksi secara lokal per-November 2023.

Walau begitu, Hyundai tetap berada di peringkat teratas untuk produsen kendaraan bermotor roda empat atau lebih dengan total penjualan BEV paling banyak selama akhir 2023 dengan total market share 38,7 persen.

Pasalnya, produsen asal Korea Selatan tersebut sudah menjual sedikitnya empat mobil listrik berbasis baterai ke pasar dalam negeri, yaitu Ioniq, Ioniq 5, Ioniq 6, dan Kona EV, yang masing-masing dapat secara konsisten menyumbang penjualan.

Seiring ramainya model BEV jelang akhir tahun, maka pasar kendaraan listrik murni di Indonesia mengalami peningkatan 17,4 persen menjadi 1.942 unit secara bulanan.

Berikut daftar BEV terlaris di Indonesia November 2023:

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm