Ilustrasi gejala kolesterol tinggi yang muncul pada wajah.(Freepik)
Ilustrasi gejala kolesterol tinggi yang muncul pada wajah.(Freepik) ( KOMPAS.COM)

Jangan Diabaikan, Ini Untuk Gejala Kolesterol Tinggi yang Sering Muncul di Wajah

20 Desember 2023 18:11 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Kolesterol adalah sejenis lipid (merupakan zat seperti lilin dan lemak) yang diproduksi secara alami oleh organ hati.

Tubuh manusia membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel yang sehat. Ia penting untuk pembentukan membran sel, hormon tertentu, dan vitamin D.

Dilansir dari laman British Heart Foundation, kolesterol digunakan oleh semua sel di tubuh untuk menjaganya tetap sehat, melalui protein dalam darah. Ketika kolesterol dan protein bergabung, mereka disebut lipoprotein.

Ada dua jenis utama lipoprotein, yakni lipoprotein densitas tinggi (HDL) yang dikenal sebagai kolesterol 'baik' dan lipoprotein densitas rendah (LDL) atau kolesterol ‘jahat’.

Kolesterol tinggi, berarti Anda memiliki terlalu banyak kolesterol dalam darah dan berpotensi mengembangkan timbunan lemak di pembuluh darah.

Endapan tersebut akan mempersulit aliran darah yang cukup melalui arteri Anda. Bahkan, endapan tersebut bisa tiba-tiba pecah dan membentuk gumpalan yang menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Kolesterol tinggi dapat diwariskan, tetapi sering kali diakibatkan dari pilihan gaya hidup yang tidak sehat, seperti jarang bergerak aktif, obesitas, dan pola makan yang tidak sehat.

Selain itu, faktor susunan genetik diketahui bisa berpengaruh, misalnya mempersulit tubuh untuk menghilangkan kolesterol jahat dari darah atau memecahnya di hati.

Sejumlah kondisi medis juga dapat menyebabkan kadar kolesterol tidak sehat, seperti penyakit ginjal kronis, diabetes, hipotiroidisme, dan lupus.

Tanda kolesterol tinggi pada wajah

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm