Presiden Daihatsu Motor Corp Soichiro Okudaira(Screenshoot/Daihatsu)
Presiden Daihatsu Motor Corp Soichiro Okudaira(Screenshoot/Daihatsu) ( KOMPAS.COM)

Imbas Skandal Keselamatan, Daihatsu Setop Untuk Distribusi Semua Mobilnya di Dunia

20 Desember 2023 21:47 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Presiden Daihatsu Motor Co., Ltd Soichiro Okudaira mengungkapkan, pihaknya akan menghentikan pengiriman semua kendaraan yang diproduksi, baik ke luar negeri maupun di dalam negeri Jepang.

Keputusan ini menyusul hasil penyelidikan skandal manipulasi uji keselamatan yang melibatkan 64 model kendaraan, termasuk 22 model yang dijual dengan merek Toyota beserta tiga mesin yang dipasarkan secara global.

Penyelidikan dilakukan oleh Komite Pihak Ketiga Independen yang diketuai oleh Makoto Kaiami, di bawah pengawasan Kementerian Transportasi Jepang.

"Berdasarkan hasil temuan tersebut, hari ini kami memutuskan semua kendaraan itu yang diproduksi di Jepang maupun luar negeri, pengirimannya akan diberhentikan sementara," kata dia dalam konferensi pers online, Rabu (20/12/2023).

"Kami meminta maaf atas ketidaknyamanan ini kepada semua konsumen dan mitra atau stakeholders terkait," lanjut Soichiro.

Diceritakan lebih lanjut, pada April 2023, Daihatsu mengumumkan telah menemukan kecurangan dalam uji tabrak samping untuk empat model yang dipasarkan ke luar negeri. Perusahaan telah membentuk panel independen terkait masalah tersebut.

Pada bulan selanjutnya, Daihatsu mengatakan bahwa mereka telah menghentikan penjualan kendaraan listrik hibrida Toyota Raize dan model Rocky setelah juga menemukan masalah dengan pengujian untuk kedua model tersebut.

Adapun menurut data Toyota, Daihatsu memproduksi 1,1 juta kendaraan selama 10 bulan pertama tahun ini, di mana hampir 40 persennya diproduksi di luar negeri.

Daihatsu juga menjual sekitar 660.000 kendaraan di seluruh dunia selama periode tersebut dan menyumbang 7 persen dari penjualan Toyota.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Imbas Skandal Keselamatan, Daihatsu Setop Distribusi Semua Mobilnya di Dunia", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/12/20/160035015/imbas-skandal-keselamatan-daihatsu-setop-distribusi-semua-mobilnya-di-dunia.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm