Direktur Sumber Daya Manusia PT Pupuk Indonesia (Persero) Tina Kemala Intan meninjau gudang penyimpanan pupuk bersubsidi di Maluku Utara seiring digelontorkannya 1.003 ton pupuk bersubsidi ke wilayah tersebut.
Direktur Sumber Daya Manusia PT Pupuk Indonesia (Persero) Tina Kemala Intan meninjau gudang penyimpanan pupuk bersubsidi di Maluku Utara seiring digelontorkannya 1.003 ton pupuk bersubsidi ke wilayah tersebut. ( Dok. PT Pupuk Indonesia (Persero))

Pupuk Indonesia Gelontorkan 1.000 Ton Pupuk Subsidi ke Maluku Utara

21 Desember 2023 17:26 WIB

SonoraBangka.ID - PT Pupuk Indonesia (Persero) menggelontorkan 1.003 ton pupuk bersubsidi ke Maluku Utara untuk mendukung produktivitas pertanian wilayah tersebut. Hal ini seiring dengan masuknya periode pasca-el nino atau beralihnya dari musim kering ke musim hujan.

Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Pupuk Indonesia Tina Kemala Intan mengatakan, fenomena El Nino beberapa waktu lalu memiliki dampak terhadap produktivitas pertanian. Maka dari itu, ketika memasuki musim hujan pihaknya memastikan ketersediaan pupuk untuk mendukung aktivitas pertanian.

"Kami melakukan kunjungan ke beberapa daerah di Maluku Utara pada 14-15 Desember, mulai dari gudang penyangga, distributor, dan kios untuk memastikan ketersediaan pupuk bersubsidi pasca El Nino di Maluku Utara. Perusahaan siap mendukung program peningkatan produktivitas pertanian di Maluku Utara," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (21/12/2023).

Secara rinci, ketersediaan pupuk bersubsidi di Maluku Utara per 30 November 2023 terdiri dari pupuk Urea sebanyak 581 ton. Persediaan ini dua kali lipat lebih banyak atau 209 persen dari ketentuan minimum stok yang diwajibkan oleh pemerintah yaitu 278 ton.

Kemudian, Pupuk Indonesia juga menyiapkan NPK Phonska sebanyak 422 ton atau 197 persen dari stok minimum sebesar 214 ton.

Ia menjelaskan, untuk menjamin kelancaran penyaluran pupuk bersubsidi di 10 kabupaten/kota yang ada di Maluku Utara, perseroan enyiapkan sejumlah fasilitas distribusi. Fasilitas ini terdiri dari 3 unit gudang di lini III, 2 distributor, dan 29 kios resmi.

Tina pun berharap petani di Maluku Utara bisa mengoptimalkan ketersediaan pupuk bersubsidi yang saat ini sudah berada di gudang-gudang lini III hingga kios-kios resmi. Dengan demikian, produktivitas pertanian di Maluku Utara dapat digenjot kembali pasca el nino.

"Kami memiliki tiga petugas lapangan yang siap mendampingi, mengawasi proses penyaluran pupuk bersubsidi, dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait lainnya untuk memastikan pupuk bersubsidi tersalurkan kepada petani yang sesuai ketentuan pemerintah," kata dia.

Adapun ketentuan bagi petani untuk bisa mendapatkan pupuk bersubsidi tertuang dalam Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 10 Tahun 2022.

Sesuai ketentuan, petani wajib tergabung dalam kelompok tani, terdaftar dalam Sistem Informasi Manajemen Penyuluh Pertanian (Simluhtan), menggarap lahan maksimal 2 hektar.

Selain itu, komoditas strategis yang berhak menerima subsidi pupuk antara lain padi, jagung, kedelai, cabai, bawang merah, bawang putih, kopi, tebu, dan kakao.

"Bagi petani yang tidak tercatat sebagai penerima pupuk bersubsidi, Pupuk Indonesia sudah menyiapkan solusinya melalui pupuk nonsubsidi," pungkas Tina.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pupuk Indonesia Gelontorkan 1.000 Ton Pupuk Subsidi ke Maluku Utara", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/12/21/151851626/pupuk-indonesia-gelontorkan-1000-ton-pupuk-subsidi-ke-maluku-utara.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm