Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di rest area jalan tol.(Dok. Kementerian PUPR)
Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di rest area jalan tol.(Dok. Kementerian PUPR) ( KOMPAS.COM)

Liburan Pakai Mobil Listrik, Usahakan Untuk Baterai Tidak di Bawah 10 Persen

23 Desember 2023 20:09 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Bagi para pengguna mobil listrik yang hendak melakukan liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) bersama keluarga, ada beberapa anjuran menarik seputar tips pemakaian.

Sudah diketahui mobil listrik berbeda dengan mobil konvensional. Tidak lagi menggunakan bensin, tapi 100 persen ditenagai oleh daya listrik dengan satuan Kilowatt hour (kWh).

Karena sumber tenaganya berbeda, metode berkendara serta pola pemakaiannya pun tidak sama. Salah satunya terkait pemanfaatan daya listrik, harus dijaga agar tak sampai turun di bawah 10 persen.

Jaja Atmaja, Aftersales and Technical Manager NEV Auto Mobil menjelaskan, efisiensi kinerja baterai tidak akan sepenuhnya optimal jika kapasitasnya di bawah 10 persen. Kondisi ini diklaim serupa untuk semua mobil listrik.

Satu faktor yang menjadi penyebabnya, yakni karena sel-sel baterai umum di hampir semua mobil listrik berjenis lithium. Jenis ini rentan rusak jika dayanya habis total.

“Jadi memang harus dilakukan perputaran arus secara terus menerus, ada discharge (daya keluar) dan recharge (daya masuk). Ini kaitannya dengan regenerative power juga,” ucapnya kepada Kompas.com, Sabtu (23/12/2023).

Jaja menjelaskan, selayaknya mobil biasa yang tidak boleh sampai kehabisan bensin, mobil listrik sebaiknya tidak digunakan hingga dayanya di bawah 10 persen.

“10 persen itu anjuran ambang batas minimum. Supaya kondisi baterai tetap prima, diperlukan daya residual di angka sekitar 10 persen,” ujarnya.

Bila kondisi pengendara sedang dalam perjalanan panjang, misalnya berlibur ke luar kota, Jaja menganjurkan, agar segera mencari Stasiun pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), setidaknya saat kapasitas baterai sudah di angka sekitar 20 persen.

“Perilaku seperti ini justru bisa sangat memperpanjang usia penggunaan baterai, supaya lebih sehat dan awet,” kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Liburan Pakai Mobil Listrik, Usahakan Baterai Tidak di Bawah 10 Persen", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/12/23/160200315/liburan-pakai-mobil-listrik-usahakan-baterai-tidak-di-bawah-10-persen.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm