Roof Box Whale Carrier(whalecarrier.com) (janlika)
Roof Box Whale Carrier(whalecarrier.com) (janlika) ( KOMPAS.COM)

Road Trip Naik Mobil Listrik, Tak Dianjurkan Untuk Pakai Roof Box

23 Desember 2023 20:22 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Saat hendak berekreasi bersama keluarga dengan menggunakan mobil listrik, ada beberapa anjuran penting yang sebaiknya diperhatikan terkait penggunaan aksesori dan efeknya bagi daya baterai.

Khusus mobil listrik, ternyata ada beberapa jenis aksesori yang tidak dianjurkan untuk digunakan. Salah satunya adalah roof box alias bagasi tambahan di bagian atas mobil.

Alasannya, roof box bisa menambah beban total yang harus ditahan oleh mobil listrik yang mengakibatkan daya baterai cukup terpangkas dan cepat habis.

Jaja Atmaja, Aftersales and Technical Manager NEV Auto Mobil menjelaskan, efisiensi daya mobil listrik dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah beban.

“Kalau pakai roof box dengan asumsi area kabin sudah penuh, pasti bisa mempengaruhi jarak tempuh mobil listrik. Jadi roof box itu tidak dilarang, cuma tidak direkomendasikan,” ucapnya kepada Kompas.com, Sabtu (23/12/2023).

Penambahan beban akan memperberat kerja motor dan dinamo mobil listrik. Akibatnya, semakin banyak dilakukan proses discharge alias pengambilan daya listrik dari baterai.

“Dinamo dan motor butuh energi tambahan, akhirnya ada discharge lebih dari baterai. Pengaruhnya ke kapasitas baterai nantinya,” ucap Jaja.

Kondisi seperti ini mungkin tidak akan terasa di jalan dengan posisi lurus dan mulus, seperti jalan tol. Tapi jika kontur berubah menjadi berkelok-kelok, efeknya pasti akan langsung terasa.

“Penambahan beban ekstra dalam bentuk apapun, pasti bisa mempengaruhi daya baterai mobil listrik. Ini yang harus dipahami konsumen,” kata Jaja.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Road Trip Naik Mobil Listrik, Tak Dianjurkan Pakai Roof Box", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/12/23/164200815/road-trip-naik-mobil-listrik-tak-dianjurkan-pakai-roof-box.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm