Kondisi jalan jalur Cinomati, Bantul dengan rambu yang terpasang dan petugas yang tengah berjaga pada Selasa (27/6/2017). (TribunJogja.com)
Kondisi jalan jalur Cinomati, Bantul dengan rambu yang terpasang dan petugas yang tengah berjaga pada Selasa (27/6/2017). (TribunJogja.com) ( KOMPAS.COM)

Ingat Lagi Cara Untuk Taklukkan Tanjakan Curam Pakai Skutik

26 Desember 2023 20:55 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 bisa diisi dengan touring naik sepeda motor. Salah satu tempat yang sering dikunjungi ialah kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Buat yang menggunakan motor skuter otomatik (skutik), ada cara tersendiri agar motor dengan sistem penggerak CVT tersebut dapat menanjak maksimal.

Head Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani mengatakan, trik agar skutik kuat melibas tanjakan ialah menggu akan momentum yang pas.

Pada saat akan menaikin tanjakan terjal mesti mengambil ancang-ancang terlebih dahulu. Jaga kecepatan agar bisa konstan saat akan menanjak.

"Jangan langsung buka gas secara penuh tapi diurut agar secara perlahan agar torsi mesin dapat maksimal," kata Agus kepada Kompas.com, Sabtu (23/12/2023).

Alasannya kata Agus, kerja V-Belt pada motor matik beda dengan rantai di motor biasa.

Agus mengatakan, bila tanjakannya curam dan lalu lintas sedang lengang lah satu caranya ialah dengan melalukan manuver zig-zag.

Hal ini dikarenakan dalam posisi ini mesin kendaraan tidak selalu dipaksa untuk naik, melainkan jalannya menjadi agak landai karena kita berjalan miring.

"Jika berjalan secara zig-zag masih belum bisa dan mesin kendaraan sudah tidak kuat lagi, kurangi beban kendaraan. Entah mengurangi beban bawaan atau penumpang yang turun," ucap Agus.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ingat Lagi Cara Taklukkan Tanjakan Curam Pakai Skutik", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/12/26/174200315/ingat-lagi-cara-taklukkan-tanjakan-curam-pakai-skutik.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm