Ilustrasi Microsoft Copilot.
Ilustrasi Microsoft Copilot. ( WindowsLatest)

Microsoft Copilot Versi Android Resmi Meluncur, Mirip Aplikasi ChatGPT

27 Desember 2023 10:21 WIB

SonoraBangka.ID - Setelah Bing Chat diganti nama (rebrand) menjadi Copilot dan mendapatkan domain copolit.microsoft.com sekitar November lalu, kini chatbot tersebut resmi hadir di Android.

Di toko aplikasi Android, Google Play Store, aplikasi ini bermama Microsoft Copilot. Sederhananya, aplikasi ini mirip aplikasi Bing Chat yang sudah bisa dipakai untuk bercakap-cakap dan tanya jawab menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI).

Namun, aplikasi Microsoft Copilot kini lebih mirip aplikasi ChatGPT milik OpenAI. Bisa dibilang demikian karena apabila dibandingkan dengan Bing Chat, aplikasi chatbot Copilot kini memiliki tampilan yang lebih sederhana. 

Jika tampilan utama Bing Chat sebelumnya dipenuhi dengan informasi dan berita terkini, tampilan utama Microsoft Copilot kini akan langsung menyuguhkan jendela percakapan dengan chatbot, sama seperti aplikasi ChatGPT.

Selain itu, menu pengaturan Microsoft Copilot juga kini lebih simpel, dan pengguna bisa lebih mudah mengganti pengaturan aplikasi, macam penggantian tampilan tema warna, perizinan aplikasi, hingga privasi tentang pemakaian aplikasi.

Di luar tampilan, fitur-fitur yang ada di Microsoft Copilot terbilang sama persis dengan fitur chatbot di aplikasi Bing Chat. Artinya, pengguna bisa mengandalkan berbagai teknologi AI di dalam apliaksi ini, mulai dari GPT-4, DALL-E3, dan lain sebagainya.

Pengguna juga masih bisa mengatur tone jawaban dari sang chatbot, mulai dari jawaban kreatif, jawaban sederhana, atau jawaban rinci, sebagaimana dirangkum dari WindowsLatest.com, Rabu (27/12/2023).

Untuk mengunduh dan menjajal Copilot, pengguna ponsel Android dapat mengunduhnya melalui tautan berikut ini. Sama seperti Bing Chat, aplikasi ini bisa diunduh secara gratis alias tanpa biaya sepeserpun.

Perlu dicatat bahwa aplikasi Copilot kini hanya tersedia dalam versi Android saja. Kabarnya, versi iOS dari Copilot sedang disiapkan Microsoft dan diperkirakan akan meluncur dalam waktu dekat. Kita nantikan saja.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Microsoft Copilot Versi Android Resmi Meluncur, Mirip Aplikasi ChatGPT", Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2023/12/27/09480087/microsoft-copilot-versi-android-resmi-meluncur-mirip-aplikasi-chatgpt.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm