Ilustrasi Huawei Nova 12 Ultra
Ilustrasi Huawei Nova 12 Ultra ( Huawei)

Huawei Nova 12 Ultra Resmi dengan Fitur Satelit dan Kamera "Variable Aperture"

27 Desember 2023 10:26 WIB

SonoraBangka.ID - Huawei resmi meluncurkan jajaran ponsel terbarunya dari keluarga "Nova", yaitu Huawei Nova 12 Series pekan ini. Dari lini tersebut, Huawei Nova 12 Ultra merupakan model tertinggi yang memiliki spesifikasi paling mumpuni.

Salah satu fitur unggulan di ponsel ini adalah dukungan fitur komunikasi (telepon dan pesan singkat alias SMS) via konektivitas satelit. Fitur ini didukung sepenuhnya oleh layanan satelit milik Beidou.

Dengan layanan ini, pengguna akan tetap bisa menelepon atau mengirimkan pesan singkat kepada teman dan kerabat mereka meski ponsel tak mendapatkan sinyal seluler.

Fitur unggulan Huawei Nova 12 Ultra lainnya adalah kamera utama beresolusi 50 MP yang memiliki bukaan fleksibel (variable aperture) dengan rentang f/1.4-4.0 dan filter warna RYYB.

Kamera utama ini ditemani dengan satu kamera belakang lainnya yang memiliki resolusi 8 MP (f/2.2) dengan fungsi ultrawide berbidang pandang 112 derajat. Kamera ultrawide, begitu juga kamera utama Huawei Nova 12 Ultra, dimuat dalam sebuah modul elips.

Masih soal kamera, ponsel ini turut dibekali dengan dua kamera lainnya yang tersemat di lubang kamera (punch hole) berbentuk kapsul. Modul yang terletak di tengah atas layar tersebut memuat kamera ultrawide 60 MP dan kamera 8 MP (2x optical zoom) untuk fitur Portrait.

Beralih ke aspek desain, Huawei Nova 12 Ultra mengadopsi layar LTPO OLED berukuran 6,76 inci dengan resolusi 2.776 x 1.224 piksel. Layar ini memiliki refresh rate 120 Hz dan mampu menampilkan 1 miliar warna, serta sudah dilapisi dengan pelindung layar Kunlun Glass.

Pada aspek hardware, Huawei belum menyebut apa chipset yang digunakan Huawei Nova 12 Ultra.

Rumor menyebut bahwa ponsel ini ditenagai dengan chipset terbaru bikinan Huawei sendiri, yaitu Kirin 9000S. Chipset dengan fabrikasi 7nm ini memiliki prosesor (CPU) delapan inti (octa core) dengan kecepatan clock maksimal hingga 2,62 GHz.

Huawei juga tak menyebut berapa besar RAM yang dimiliki perangkat teranyarnya ini. Namun yang jelas, ponsel ini dibekali dengan dua opsi media penyimpanan (storage), yaitu 512 GB dan 1 TB, serta menjalankan sistem operasi (OS) khas Huawei HarmonyOS 4.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm