Waspadai bahaya vapor lock saay mobil lewat jalan turunan(Freepik/Peoplescreation)
Waspadai bahaya vapor lock saay mobil lewat jalan turunan(Freepik/Peoplescreation) ( KOMPAS.COM)

Bahaya Mobil Kena Vapor Lock di Turunan Curam, Ini Cara Untuk Menghindarinya

27 Desember 2023 17:57 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mengemudikan mobil di turunan curam membutuhkan metode khusus dan tidak bisa dilakukan sembarangan.

Selain penguasaan trik, pengemudi juga harus memahami fungsi dan peran dari masing-masing komponen mobil.

Satu kendala yang cukup sering dialami pengemudi di jalan turunan adalah vapor lock. Kerusakan ini terjadi di sektor pengereman mobil dan bisa sangat membahayakan.

Juni Siswanto, Technical Leader Auto2000 Ahmad Yani menjelaskan, vapor lock terjadi karena rem mobil mengalami overheating, akibat digunakan secara berlebihan.

Cakram rem itu digerakkan pakai clamp piston, dan ada minyak buat buka tutupnya. Kalau rem overheating, minyak rem di piston jadi mendidih kemudian posisinya kekunci,” ucapnya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (25/12/2023).

Juni mengatakan, kendala semacam ini umumnya dijumpai oleh pengemudi pemula yang cuma mengandalkan rem untuk menurunkan kecepatan mobil di jalan turunan.

Supaya terhindar dari risiko vapor lock, Juni menyarankan untuk memanfaatkan fungsi engine brake sebagai cara untuk melakukan deselerasi saat menghadapi jalan turunan.

Caranya menggunakan engine brake sangat mudah, cukup menurunkan transmisi ke posisi gigi kecil, supaya RPM mobil dibatasi menjadi rendah.

“Pakai rem hanya sesekali saja, seperlunya. Kalau di turunan full pakai rem, bisa kena vapor lock,” kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bahaya Mobil Kena Vapor Lock di Turunan Curam, Ini Cara Menghindarinya", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/12/27/081200915/bahaya-mobil-kena-vapor-lock-di-turunan-curam-ini-cara-menghindarinya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm