Ilustrasi mobil listrik pertama Xiaomi SU7.
Ilustrasi mobil listrik pertama Xiaomi SU7. ( Xiaomi)

Xiaomi Resmi Umumkan Mobil Listrik SU7 dan SU7 Max, Bertenaga Snapdragon 8295 dan HyperOS

29 Desember 2023 10:20 WIB

SonoraBangka.ID - Produsen smartphone Xiaomi akhirnya resmi mengumumkan mobil listrik (electric vehicle/EV) pertama mereka. Pengumuman ini digelar dalam sebuah acara yang digelar pada Kamis (28/12/2023) waktu China.

Mobil listrik perdana Xiaomi dinamai SU7 dan hadir dalam dua tipe, yaitu SU7 dan SU7 Max. Kedua mobil ini bertipe sedan yang mirip dengan mobil listrik Porsche Taycan Turbo dan Tesla Model S.

Selain itu, Xiaomi SU7 juga dibalut dengan desain mewah yang sarat akan berbagai lekukan elegan, serta lampu depan dan belakang mewah yang "menyipit".

Bagian depan mobil yang memiliki dimensi 4.997 x 1.963 x 1.455 mm (panjang, lebar, tinggi) ini merupakan bagasi yang diklaim memiliki kapasitas sebesar 105 liter, lebih besar dari Tesla Model S dengan 89 liter atau Porsche Taycan Turbo dengan 84 liter.

Masih soal desain, Xiaomi SU7 hadir dengan tiga warna mengilap (glossy), yaitu Mineral Gray (abu-abu metalik), Aqua Blue (biru laut metalik, dan Verdant Green (hijau kecoklatan (army) metalik).

Varian Aqua Blue bisa dibilang cukup unik karena menampilkan desain mobil dengan warna biru laut yang nyentrik dan beda dari mobil listrik lainnya.

Perfoma Xiaomi SU7

Xiaomi SU7 adalah mobil listrik sedan dengan sistem penggerak rear wheel drive (RWD). EV ini dibekali dengan mesin V6 yang memiliki tenaga maksimal 220 kW dan torsi 400 Nm. Xiaomi mengeklaim mobil ini bisa menyentuh kecepatan 0-100 km/h hanya dalam waktu 5,28 detik.

Pada sektor baterai, Xiaomi SU7 ditenagai dengan Qilin Batttery dari Contemporary Amperex Technologu (CATL) berkapasitas 73,6 kWh. Baterai sebesar ini disebut membuat mobil listrik Xiaomi itu menempuh jarak maksimal 668 km dalam sekali pengisian daya penuh.

Berbeda dengan Xiaomi SU7, Xiaomi SU7 Max lebih mumpuni karena merupakan mobil listrik sedan dengan sistem penggerak all wheel drive (AWD). Mesin yang diadopsi mobil ini bertipe ganda dan mampu menawarkan tenaga maksimal 425 kW dengan torsi 838 Nm.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm