Ilustrasi vaksin Covid-19. Vaksin Covid-19 berbayar mulai 1 Januari 2024.
Ilustrasi vaksin Covid-19. Vaksin Covid-19 berbayar mulai 1 Januari 2024. ( Shutterstock/siam.pukkato)

Vaksin Covid-19 Mulai Berbayar, Masyarakat Diimbau Tetap Jalani Vaksinasi

3 Januari 2024 10:41 WIB

SonoraBangka.ID - Pakar kesehatan masyarakat sekaligus epidemiolog Griffith University Dicky Budiman mengatakan, keberadaan vaksin Covid-19 masih diperlukan bagi masyarakat kelompok rentan dan lanjut usia meski pemerintah mulai menetapkan hal itu tidak gratis.

Pemerintah menyatakan program vaksinasi Covid-19 buat masyarakat Indonesia tidak lagi gratis mulai 1 Januari 2024. Vaksin Covid-19 nantinya bisa dibeli di fasilitas pelayanan kesehatan.

Dicky menilai perubahan kebijakan itu diharapkan tidak membuat masyarakat yang belum mendapatkan atau belum melengkapi dosis malah mengurungkan niatnya melakukan vaksinasi.

"Ini masih sangat penting, vaksinasi Covid-19, khususnya yang sifatnya memberikan proteksi pada kelompok rawan yaitu orang lanjut usia, komorbid, termasuk anak-anak," kata Dicky dalam keterangannnya seperti dikutip pada Selasa (2/1/2024).

Menurut Dicky, kelompok rentan yang belum memiliki perlindungan vaksin bisa berdampak serius jika terinfeksi Covid-19.

"Kalau dia belum punya imunitas ya bisa fatal. Potensi dia mengalami Long Covid-19 mengalami dampak serius. (Potensi) penurunan fungsi dari berbagai organ tubuh itu menjadi sangat besar," ujar Dicky.

Selain itu, kata Dicky, pemberian vaksinasi secara berkala akan melindungi masyarakat dari potensi perburukan kondisi saat terinfeksi, seperti dirawat rumah sakit maupun kematian.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Vaksin Covid-19 Mulai Berbayar, Masyarakat Diimbau Tetap Jalani Vaksinasi", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2024/01/02/23160691/vaksin-covid-19-mulai-berbayar-masyarakat-diimbau-tetap-jalani-vaksinasi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm