Bandara Internasional Minangkabau, Padang, Sumatera Barat
Bandara Internasional Minangkabau, Padang, Sumatera Barat ( Dokumentasi Kementerian Perhubungan)

Bandara Minangkabau Kembali Dibuka Usai Erupsi Gunung Marapi

6 Januari 2024 18:24 WIB

SonoraBangka.ID - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali membuka Bandara Minangkabau, Sumatera Barat pada Sabtu (6/1/2024), setelah pada Jumat (5/1/2024) bandara sempat ditutup karena terdampak erupsi Gunung Marapi.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub M. Kristi Endah Murni mengatakan, Bandara Minangkabau dibuka karena tidak ditemukan adanya tanda sebaran abu erupsi vulkanik Gunung Marapi pada hasil pengamatan hari ini.

Adapun pengamatan dilakukan oleh Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VI Padang, serta berdasarkan prediksi dari VAAC Darwin, PVMBG, BMKG, dan paper test di lapangan dengan hasil negatif volcanic ash.

Dia mengungkapkan, selama Bandara Minangkabau ditutup kemarin, terdapat 16 penerbangan untuk kedatangan ke Bandara Minangkabau dan 13 penerbangan untuk keberangkatan dari bandara tersebut yang terdampak.

"Untuk penerbangan yang terdampak kemarin, semua sudah teratasi. Penumpang telah ditawarkan pilihan untuk melakukan refund, reschedule maupun re-route sesuai ketentuan berlaku," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (6/1/2024).

Dia mengimbau maskapai penerbangan untuk memberikan kompensasi kepada penumpang yang telah membeli tiket dengan memberikan opsi full refund, reschedule, ataupun re-route ke bandara terdekat jika seat masih tersedia, agar dapat membantu penumpang yang terkena dampak penutupan bandara.

Otoritas Bandar Udara Wilayah VI Padang juga telah diinstruksikan agar terus berkoordinasi secara intensif dengan stakeholder terkait dalam hal perkembangan informasi Gunung Marapi.

"Pemantauan situasi dan koordinasi intensif sangat diperlukan dalam penanganan force majeure ini, agar dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan demi keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan," tuturnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bandara Minangkabau Kembali Dibuka Usai Erupsi Gunung Marapi", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2024/01/06/100357226/bandara-minangkabau-kembali-dibuka-usai-erupsi-gunung-marapi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm