Jambore Nasional Land Cruiser ke-5 di Jambi(TLCI Jaya Raya )
Jambore Nasional Land Cruiser ke-5 di Jambi(TLCI Jaya Raya ) ( KOMPAS.COM)

Mitos atau Fakta, Mobil AWD dan 4WD Kebal Risiko Aquaplaning?

13 Januari 2024 18:02 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kecelakaan akibat Aquaplaning atau Hydroplaning kerap terjadi saat musim hujan. Kondisi ini muncul akibat ban kendaraan tidak menapak dengan sempurna, karena terhalang lapisan air yang ada di jalan basah atau tergenang air.

Aquaplaning terjadi pada mobil yang melaju dengan kecepatan tinggi saat kondisi hujan atau jalan basah. Efek kecelakaannya cukup fatal, bahkan bisa menyebabkan korban jiwa.

Sebagian pengendara berpendapat, aquaplaning bisa dipengaruhi oleh jenis penggerak mobil, dan beberapa penggerak tertentu seperti all wheel drive (AWD) dan four wheel drive (4WD) diklaim kebal bahaya ini, benarkah demikian?

Juni Siswanto, Technical Leader Auto2000 Ahmad Yani, menepis anggapan tersebut. Menurutnya, jenis penggerak pada mobil tidak mempengaruhi tingkat risiko aquaplaning.

“Sekalipun itu mobil AWD, masih bisa terkena aquaplaning. Karena yang terjadi saat aquaplaning adalah ban tidak menapak sempurna ke jalan, jadi enggak ada kaitannya dengan penggerak,” ucapnya kepada Kompas.com, Kamis (11/1/2024).

Juni mengatakan, tiga faktor utama yang menyebabkan terjadinya aquaplaning adalah kondisi jalan sedang basah tergenang, ban dalam keadaan botak, dan kecepatan pengemudi tinggi.

“Kalau tiga itu saja terpenuhi, risiko aquaplaning pasti meningkat,” ucap Juni yang juga berpengalaman di bidang pengetesan mobil itu.

Dia menambahkan, memang ada beberapa faktor lain yang bisa meminimalisir terjadinya aquaplaning. Kaitannya bukan pada jenis penggerak, namun bobot kendaraan dan ukuran tapak ban.

Secara teori, semakin berat suatu kendaraan dan semakin lebar tapak bannya, daya cengkeram terhadap jalan akan jauh lebih kuat.

“Contohnya mobil Land Cruiser punya ukuran tapak ban standar 285 (milimeter), lebih lebar dari mobil lain yang mungkin sekitar 260 (milimeter), jadi risiko aquaplaning kecil,” kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mitos atau Fakta, Mobil AWD dan 4WD Kebal Aquaplaning?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/01/13/072200115/mitos-atau-fakta-mobil-awd-dan-4wd-kebal-aquaplaning.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm