Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 tak hanya menampilan mobil dan sepeda motor baru, tapi juga berbagai komponen aftarmerket termasuk aksesori pelek mobil. (KOMPAS.com/Gilang)
Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 tak hanya menampilan mobil dan sepeda motor baru, tapi juga berbagai komponen aftarmerket termasuk aksesori pelek mobil. (KOMPAS.com/Gilang) ( KOMPAS.COM)

Kenapa pada Indikator Lampu ABS Mobil Menyala Setelah Ganti Pelek?

13 Januari 2024 19:57 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pelek menjadi bagian mobil yang kerap dilakukan modifikasi. Berbagai bentuk serta ukuran pelek banyak dijumpai di pasaran membuat mobil bisa tampil lebih unik.

Modifikasi tidak cuma dilakukan pada mobil-mobil lawas saja, bahkan ada mobil baru dilakukan penggantian pelek karena lebih mudah dan aman.

Risiko memodifikasi pelek terbilang kecil selama pengaturannya diperhitungkan dengan baik dan tidak membuat rusak komponen lainnya. Jika tidak maka, kasus yang biasa terjadi adalah menyala lampu anti-lock brake system (ABS) setelah dilakukan modifikasi pelek.

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan sah-sah saja bila hendak melakukan modifikasi roda mobil, khususnya pelek tapi perlu diperhatikan perhitungannya.

“Jangan sampai melakukan modifikasi hanya memperhatikan faktor kebebasan berekspresi, menonjolkan keunikan dengan mengabaikan kesesuaian sistem yang ada, khususnya mobil yang dilengkapi ABS,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Sabtu (13/1/2023).

Hardi mengatakan pada mobil yang dibekali ABS maka ukuran roda perlu menjadi perhitungan. Pasalnya, ketika dilakukan ubahan ukuran pelek atau ban dapat berpengaruh terhadap ABS sistem.

“Patokannya ada pada ukuran roda secara keseluruhan yakni kalkulasi diameter pelek dan ketebalan ban, sehingga antara diameter roda satu dengan yang lain harus sama,” ucap Hardi.

Hardi mengatakan bila diameter roda ada yang lebih besar, maka sistem ABS akan menganggap itu sebagai indikasi telah terjadi selip.

“Pada mobil yang sudah dilengkapi ABS terdapat wheel sensor yang terpasang pada masing-masing roda, mereka bertugas membaca jumlah putaran sehingga bila terdapat selisih sistem akan menganggapnya sebagai kesalahan data,” ucap Hardi.

Seperti yang diketahui diameter roda menentukan jumlah putaran. Semakin besar diameternya maka akan membuat putaran roda pada porosnya semakin pelan dengan kecepatan laju mobil sama.

“Maka dari itu antara roda depan dan belakang diameternya harus sama agar tidak terjadi kesalahpahaman sistem ABS dalam menghitung putaran, yang dapat menyebabkan lampunya menyala,” ucap Hardi.

Terlepas dari itu, Hardi mengatakan lampu indikator ABS memang berfungsi sebagai informasi kepada pengemudi bila terjadi masalah pada sistem. Sehingga, kerusakan sensor dan komponen lainnya juga bisa menyebabkan lampu menyala.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenapa Indikator Lampu ABS Mobil Menyala Setelah Ganti Pelek?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/01/13/131200315/kenapa-indikator-lampu-abs-mobil-menyala-setelah-ganti-pelek-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm